Soloraya
Jumat, 19 Maret 2010 - 14:59 WIB

Bangkrut, 18 apotek di Solo tutup

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Sebanyak 18 apotek di Kota Solo resmi ditutup sepanjang 2009 hingga Maret 2010. Sebagian besar apotek tersebut mengajukan permohonan tutup karena bangkrut. Dengan tutupnya belasan apotek itu, saat ini di Kota Bengawan tersedia 138 apotik.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Usaha Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Setyowati jumlah apotek yang tersedia tersebut mencukupi untuk mengkover kebutuhan pelayanan obat-obatan bagi masyarakat Solo.

Advertisement

Setyowati menerangkan, tren jumlah apotek di Solo, setiap tahun, tidak banyak berubah. Meskipun sejumlah pemilik modal atau apoteker mengajukan permohonan izin membuka apotek, namun kenyataannya banyak pula apotek yang tutup. Pada tahun 2009 misalnya, DKK Solo mencatat sembilan apotek tutup, sedangkan enam apotek buka.

“Tahun 2009 dan 2010, total ada 18 apotek yang tutup. Sedangkan permohonan izin membuka apotek dalam waktu yang sama ada delapan. Sebagian besar memang disebabkan persoalan materi, apotek yang tutup tidak mampu menutup biaya operasional,” jelas Setyowati, saat dijumpai wartawan, di ruang kerjanya, Jumat (19/2).

Di samping persoalan materi, persaingan yang kian ketat antara para pelaku usaha di bidang penyediaan obat-obatan juga berpengaruh terhadap tren tutupnya sejumlah apotek di Solo.

Advertisement


tsa

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : 18 Apotek Tutup Bangkrut
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif