Jumat, 19 Maret 2010 17:37 WIB Klaten Share :

23.699 orang jadi pemilih pemula di Pilkada Klaten

Klaten (Espos)–Pemilih pemula yang terdata dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pilkada (DP4) Klaten mencapai 23.699 orang. Sementara, total pemilih tercantum dalam DP4 yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari Pemkab Klaten sebanyak 1.032.561 orang.

Anggota KPU Klaten, Siti Farida saat dijumpai, Jumat (19/3), di Kantor KPU, mengatakan, angka dalam DP4 tak terlalu jauh dari prediksi KPU.
“Dulu kami memperkirakan jumlah pemilih 1.039.084 orang untuk estimasi pengadaan surat suara. Ini setelah ada DP4 ternyata selisihnya tidak begitu banyak,” jelasnya.

Dia menambahkan, DP4 selanjutnya diolah dan dicermati oleh KPU untuk dijadikan bahan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Dipaparkan dia, DP4 juga dianalisa secara teliti menggunakan software DP-Tools untuk mengidentifikasi kemungkinan adanya pemilih ganda atau pemilih belum penuhi syarat.

Ida-panggilan akrab Siti Farida-menguraikan, dalam waktu maksimal satu bulan, bahan DPS harus sudah siap dan didistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS). Tahapan selanjutnya, PPS bersama Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melakukan Coklit (pencocokan dan penelitian).

Dia menjelaskan, PPDP yang berjumlah 2.472 orang (sesuai jumlah tempat pemungutan suara/TPS) akan diterjunkan ke lapangan untuk mengecek pemilih yang tertera dalam bahan DPS. Diuraikan dia, PPDP memutakhirkan data pemegang hak pilih, termasuk pemilih yang belum terdaftar atau meninggal dunia.

rei

lowongan pekerjaan
Perusahaan Outsourcing PLN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….