Kamis, 18 Maret 2010 19:02 WIB Solo Share :

Jumlah anak jalanan di Solo diduga meningkat

Solo (Espos)–Jumlah anak jalanan sepanjang 2010 diprediksi mengalami peningkatan. Selama 2009, Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Solo mencatat 648 anak yang terdiri dari anak terlantar, anak nakal dan anak jalanan tersebar di Solo.

Selain anak jalanan, kasus kekerasan terhadpa perempuan juga dilaporkan terjadi sepanjang triwulan 2010. Data Spekham menyebutkan, sejak awal tahun terjadi 14 kasus kekerasan tehadap perempuan.

Kepala Dinsosnakertrans, Singgih Yudoko mengakui pihaknya memang belum melakukan pendataan langsung. Namun, kecenderungan peningkatan jumlah itu tampak dari pengamatan kasar yang dilakukan jajarannya di titik-titik yang menjadi pusat keberadaan anak jalanan.
Menurut Singgih, dibutuhkan solusi yang melibatkan seluruh kalangan terkait untuk mengatasi persoalan tersebut. Khususnya, koordinasi lintas wilayah, paling tidak di dalam lingkup Soloraya.

“Kalau dilihat kasat mata, kecenderungannya memang tambah. Kami sudah melakukan upaya pembinaan, dengan dibantu LSM dan masyarakat. Namun, yang penting, harus ada koordinasi lintas sektoral dan lintas wilayah,” papar Singgih, saat ditemui wartawan, di sela-sela Rapat Koordinasi Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Anak, di Balaikota, Kamis (18/3).

Hal sama disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Bapermas P3AKB) Solo, Widdi Srihanto. Menurut Widdi, persoalan perempuan dan anak tidak akan selesai jika langkah-langkah yang diambil bersifat parsial.

Pemerintah daerah, LSM, dan masyarakat pada umumnya harus dihimpun dalam satu program penanganan yang sama, agar upaya yang diambil memberi hasil nyata.

tsa

lowongan pekerjaan
PT Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…