Soloraya
Rabu, 17 Maret 2010 - 17:49 WIB

Troketon disiapkan jadi pengganti TPA Jomboran

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyiapkan kawasan di Desa Troketon, Pedan sebagai pengganti Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jomboran di Desa Jomboran Klaten Tengah yang dinilai sudah overload.

Hal itu merupakan keputusan rapat koordinasi yang digelar jajaran Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Komisi III DPRD, dan Satuan Kerja (Satker) Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) di ruang B1 Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Klaten, Rabu (17/3).

Advertisement

Kabid Kebersihan dan Pertamanan pada DPU Klaten, Ahmad Wahyudi mengatakan, luas tanah yang disiapkan untuk menggantikan TPA Jomboran di Desa Troketan itu mencapai 10 hektare (ha). Menurutnya, TPA Jomboran harus ditutup pada tahun 2013 karena dinilai sudah overload. Dia mengatakan, kawasan Troketon dinilai lebih ideal sebagai pengganti TPA Jomboran dari segi luas lahan dan letak geografisnya.

“Luas lahan sangat memadai karena lebih dari 10 hentare. Selain itu, letaknya berjarak sekitar 1,5 km dari permukiman penduduk sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan warga setempat,” papar Ahmad.

Dia menjelaskan, proyek pembangunanTPA di Troketan direncanakan bertahap. Menurutnya, Pemkab Klaten menargetkan bisa menyelesaikan pembebasan lahan pada tahun 2011. Sementara pada tahun 2012, Pemkab akan menyiapkan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), master plan, dan urusan administrasi lainnya. Sedangkan pada tahun 2013 nanti, proyek pembangunan TPA ini baru dimulai. Dalam hal ini, Pemkab Klaten diberi wewenang untuk menangani pembebasan lahan dan urusan administrasi.

mkd

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif