Rabu, 17 Maret 2010 10:29 WIB News Share :

MUI imbau petani tembakau ganti tanaman

Madiun— Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Madiun meminta agar petani tembakau mau beralih pada tanaman lainnya. Pasalnya, tembakau sebagai bahan baku pembuat rokok disinyalir sebagai penyebeb timbulnya berbagai penyakit.

“Petani kan bisa beralih pada tanaman lainya, Indonesia kan subur.Toh masih banyak tanaman laion yang menghasilkan,” ujar Ketua MUI Madiun Sutoyo, Selasa (16/3).

Ia menjelaskan bahwa rokok jika dikaji ulang lebih banyak mudlorotnya dari pada manfaatnya. Selain itu, dari dulu rokok sudah ada hukumnya yakni makruh.

Ia juga menegaskan, dengan berasarkan pada hadis, barang siapa yang meninggalkan barang yang haram, akan diganti dengan barang yang halal.

“Makanya sudah saatnya ditegaskan lagi kalau rokok itu haram sebab kerugian akibat bahayanya jauh lebih besar daripada income yang didapat negara,” tegasnya.


inilah/rif

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….