Rabu, 17 Maret 2010 10:29 WIB News Share :

MUI imbau petani tembakau ganti tanaman

Madiun— Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Madiun meminta agar petani tembakau mau beralih pada tanaman lainnya. Pasalnya, tembakau sebagai bahan baku pembuat rokok disinyalir sebagai penyebeb timbulnya berbagai penyakit.

“Petani kan bisa beralih pada tanaman lainya, Indonesia kan subur.Toh masih banyak tanaman laion yang menghasilkan,” ujar Ketua MUI Madiun Sutoyo, Selasa (16/3).

Ia menjelaskan bahwa rokok jika dikaji ulang lebih banyak mudlorotnya dari pada manfaatnya. Selain itu, dari dulu rokok sudah ada hukumnya yakni makruh.

Ia juga menegaskan, dengan berasarkan pada hadis, barang siapa yang meninggalkan barang yang haram, akan diganti dengan barang yang halal.

“Makanya sudah saatnya ditegaskan lagi kalau rokok itu haram sebab kerugian akibat bahayanya jauh lebih besar daripada income yang didapat negara,” tegasnya.


inilah/rif

lowongan pekerjaan
CV.Indra Daya Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…