Rabu, 17 Maret 2010 11:21 WIB News Share :

Laju pertumbuhan penduduk turun, 1,14 per tahun

Mamuju— Program Keluarga Berencana (KB) nasional hingga akhir Desember 2009, telah berhasil menurunkan laju pertumbuhan penduduk Indonesia sebesar 1,14 persen/tahun.

Hal ini dikatakan Direktur Pelaporan dan Statistik Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, Rachmat Santoso, di Mamuju, pada rapat kerja daerah pembangunan kependudukan dan KB tahun 2010 di Mamuju, Selasa (16/3).

Menurut dia, 2010 merupakan tahun pertama pelaksanaan Rencana Jangka Panjang Menengah Nasional (RPJMN) yang dijabarkan dalam strategis (Renstra) BKKBN untuk tahun 2010-2015.

Ia mengatakan, beberapa indikator penting dalam RKP 2009, sehingga target pencapaian program BKKBN berhasil melampaui dari target yang ada karena partisipasi semua pihak termasuk pemerintah daerah, TNI, Polri dan berbagai mitra yang telah giat melakukan gerakan untuk menyukseskan kegiatan KB tersebut.

“Pencapaian peserta KB baru tahun 2009 sebesar 7,67 juta pasangan usia subur (PUS) atau 117 persen terhadap perkiraan permintaan masyarakat (RPM) sebesar 6,51 juta peserta KB baru pria termasuk peserta KB baru pria dari keluarga prasejahtera dan sejahtera sebesar 2,9 juta penduduk,” jelasnya.

Hal ini, kata dia, menunjukkan bahwa program KB telah menjangkau seluruh keluarga miskin yang direncanakan mendapat alat kontrasepsi gratis yang rata-rata tingkat pencapaian di seluruh provinsi melebihi seratus persen.

kompas/rif

lowongan pekerjaan
SOLO GRAND MALL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…