Selasa, 16 Maret 2010 17:50 WIB Pendidikan Share :

Saat UN, Siswa dilarang bawa HP

Jakarta–Mengantisipasi kebocoran soal ujian melalui telepon seluler, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) akan menindak tegas peserta ujian yang ketahuan membawa telepon genggam ke kelas.

“Sebelum ujian, pengawas ujian akan mengumpulkan telepon seluler siswa di depan kelas,” kata  Ketua BSNP Djemari Mardapi di Jakarta, Selasa (16/3).

Jika siswa ketahuan mengantongi atau menggunakan telepon seluler saat berlangsung ujian, maka nilai untuk mata pelajaran yang diujikan  saat itu dibatalkan.

“Siswa yang ujiannya dibatalkan, masih bisa mengikuti ujian hari berikutnya,” kata Djemari.

Ujian Nasional tahun ini, lanjut Djemari, menekankan pentingnya kejujuran siswa. Karena itu, siswa tidak jujur akan ditindak secara tegas.  Untuk itu, pihaknya telah mensosialisasikan pentingnya kejujuran dalam Ujian Nasional kepada Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Jadi, kata dia, siswa tidak usah khawatir gagal ujian nasional karena BSNP menyediakan ujian ulangan sekitar  satu sampai satu setengah bulan setelah UN.

tempointeraktif/fid

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….