Senin, 15 Maret 2010 16:22 WIB News Share :

2011 Jakarta bebas kantong plastik

Jakarta— Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KLH) optimistis DKI Jakarta bebas dari penggunaan kantong plastik pada 2011.

“Saya optimistis DKI Jakarta bisa bebas penggunaan kantong plastik pada 2011,” kata Plt. Asisten Deputi Urusan Pengendalian Pencemaran Limbah Domestik dan Usaha Skala Kecil KLH, Tri Bangun Laksono yang dihubungi di Jakarta, Senin (15/3).

Tri Bangun mengatakan hal tersebut, menanggapi target Pemprov dan Kadin DKI bahwa Jakarta bebas penggunaan kantong plastik pada 2011. Dia merasa optimistis karena berbagai pemangku kepentingan, terutama industri dan retailler di Jakarta mulai menggunakan kantong plastik “biodegradable” yang lebih ramah lingkungan.

“Sekarang sudah ada 20 retailler, termasuk pusat perbelanjaan di Jabotabek yang menggunakan plastik ‘biodegradable’,” kata Tri Bangun yang lebih akrab dipanggil Sony.

Bila pada tingkat produsen dan retailler sudah menggunakan kantong plastik ramah lingkungan maka penjual di tingkat yang lebih rendah dan masyarakat sebagai konsumen akan mengikuti.

“Sebenarnya sejak dua tahun yang lalu, retailler dengan saham dari asing sudah ingin melakukan hal itu (penggunaan kantong ramah lingkungan), tetapi mereka takut bisnisnya menurun karena retailler lain belum melakukannya,” ujarnya menjelaskan.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menyatakan, Pemprov bersama Kadin DKI menargetkan Jakarta bebas dari penggunaan kantong plastik pada 2011 karena sifat bahan plastik yang sulit terurai secara alami, sehingga dinilai berbahaya.

“Kita akan menyiapkan tas untuk menggantikan plastik dari bahan daur ulang atau bahan yang tidak mencemari lingkungan,” tutur Fauzi Bowo seusai bertemu Kadin DKI di Balaikota Jakarta.

ant/rif

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…