Minggu, 14 Maret 2010 21:27 WIB Kesehatan Share :

Pertimbangkan matang sebelum pakai

Selayaknya sebuah alat bantu, sex toys tidak selalu dibutuhkan sebagai variasi dalam pernikahan. Ditambah lagi, dalam penggunaannya, pasangan suami-istri perlu memiliki kontrol diri yang cukup sehingga tidak sampai ketergantungan dengan kepraktisan yang ditawarkan sex toys.

“Sex toys bukan untuk menggantikan aktivitas seks normal. Sex toys hanya jadi alat bantu untuk memberi variasi atau untuk membantu aktivitas seksual pada pasangan yang salah satunya memiliki disfungsi seksual,” tutur dr Istar Yuliadi, kepala Pusat Studi Kesehatan Seksual LPPM Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.
Senada, dr Tatuk Himawan dari RS Kasih Ibu Solo juga menyarankan agar pilihan penggunaan sex toys dipikirkan masak-masak. “Bagi pasangan usia produktif dan tidak mengalami disfungsi seksual sebaiknya tak buru-buru memutuskan menggunakan sex toys. Toh, dalam usia itu mereka masih bisa merasakan sensasi hubungan tanpa alat bantu,” kata dia.

Saran kedua ahli ini tentu tak lepas dari konsekuensi fisik dan psikologis yang mungkin timbul akibat pemakaian sex toys. Untuk itu, sebelum memutuskan memakai sex toys ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut. Pertama, telaah kembali seberapa besar kebutuhan Anda pada alat bantu seksual. Lebih baik apabila hal ini coba didiskusikan dengan pakar seksologi yang dipercaya dan pasangan.

Kesepakatan bersama
Dari pasangan, Anda bisa mendapat kesepakatan seberapa jauh kebutuhan Anda dan pasangan terhadap alat bantu serta alat bantu seperti apa yang ingin dipilih. Sementara pakar seksual dapat memberi saran sex toys yang aman digunakan, sekaligus lokasi pembelian sex toys yang berkualitas baik.

Jangan salah, sex toys ternyata tak hanya bisa diperoleh di sex shop atau iklan baris di koran, tetapi juga bisa didapatkan di beberapa apotek besar. “Tapi tidak banyak apotek yang menyediakan sex toys, mungkin hanya sekitar 5% saja yang melayani pembelian alat bantu itu,” kata Tatuk.

Kedua, pastikan alat bantu yang Anda beli terbuat dari bahan yang aman. Membeli sex toys di sex shop resmi, apotek atau website bisa jadi pilihan. Ada beberapa toko online di Indonesia yang khusus melayani pembelian aneka alat bantu seks.

Ketiga, sesuaikan anatomi sex toys dengan anatomi tubuh Anda demi mengurangi risiko luka yang potensial menyebabkan infeksi. Dan terakhir, keempat, pastikan alat bantu yang akan digunakan steril dan bersih dari kuman saat digunakan.

Oleh: Esmasari Widyaningtyas

lowongan pekerjaan
SUNAN TOUR AND TRAVEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…