Sabtu, 13 Maret 2010 12:37 WIB Internasional Share :

Rusia bangun 16 reaktor nuklir di India

New Delhi–Sebuah kerja sama ditandatangani Rusia dan India dalam hal pembangunan reaktor nuklir. Dengan penandatanganan ini Rusia akan membangun 16 reaktor nuklir di India sebagai bagian kerjasama energi dan pertahanan.

Dilansir dari AFP, Jumat (12/3), penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan langsung oleh Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri India Manmohan Singh.

Antisipasi jangka panjang kerjasama nuklir tersebut datang dari Putin. Dia mengatakan, kerjasama nuklir salah satu aspek penting dalam kemitraan dua negara yang memiliki hubungan dagan kuat.

“Kesepakatan mennunjukkan pembangunan 16 reaktor nuklir di 3 lokasi,” jelas Deputi PM Rusia, Sergei Ivanov, yang ikut mendampingin Putin.

Rusia akan membangun 6 reaktor pada tahun 2017. Rusia juga telah membangun 2 reaktor di selatan India, negara bagian Tamil Nadu.

Rusia bersaing dengan Perancis dan AS untuk membangung pembangkit listrik tenaga nuklir di negara dengan perekenomian terbesar ketiga di Asia ini. India sedang meningkatkan pasokan energinya untuk mempertahankan pertumbuhan ekonominya.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
marketing, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…