News
Sabtu, 13 Maret 2010 - 16:39 WIB

Jelang Nyepi, umat Hindu gelar ritual melasti

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Denpasar— Jutaan umat Hindu di Bali memadati pantai-pantai yang tersebar di seluruh penjuru Pulau Dewata untuk menggelar ritual melasti, Sabtu (13/3). Ritual ini sebagai salah satu prosesi menjelang perayaan Nyepi yang jatuh pada tanggal 16 Maret mendatang.

Ritual melasti ini bertujuan untuk menyucikan diri atau bhuana alit dan alam semesta atau bhuana agung, sebelum melakukan tapa brata penyepian saat Hari Raya Nyepi. Dengan dipimpin pemangku, umat Hindu melakukan persembahyangan bersama dan menghaturkan berbagai macam sesaji untuk Dewa Baruna atau dewa penguasa laut.

Advertisement

“Selain menyucikan diri, melasti juga menyucikan benda-benda sakral milik pura seperti Pratima,” ujar I Gusti Ketut Ardana, pemuka adat.

Pada akhir ritual, para umat Hindu membersihkan diri secara simbolik dengan cara mencelupkan kaki di laut dan melarungkan sesaji.

Ritual melasti yang mulai dilakukan Sabtu har ini digelar selama tiga hari hingga Senin sore (15/3) sebelum matahari terbenam atau pada malam menjelang Hari Raya Nyepi.

Advertisement

kompas/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif