News
Sabtu, 13 Maret 2010 - 11:49 WIB

Demo pro Thaksin berjalan damai

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bangkok— Demonstrasi besar-besaran pendukung mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra di Bangkok berjalan lancar. Demonstrasi hari pertama ini berlangsung damai di tengah kekhawatiran akan terjadinya kerusuhan.

Pemerintah Thailand pun sudah menyiapkan 50.000 personelnya untuk mengantisipasi terjadinya kerusuhan.

Advertisement

Dilansir AFP, Sabtu (13/3), demonstrasi yang dilakukan oleh massa kelompok pendukung Thaksin yang dikenal dengan sebutan ‘Red Shirts’, karena memakai baju warna merah saat beraksi pada hari pertama Jumat kemarin diikuti oleh sekitar 4.000 orang. Mereka bertemu di beberapa titik di Ibukota Bangkok.

Menurut rencana, pendukung Thaksin ini akan bertambah hingga 100.000 orang pada puncak aksi demonstrasi yang akan berlangsung Minggu (14/3). Mereka menuntut PM Thailand Abhisit Vejajiva segera mundur dari pemerintahan dan menggelar pemilu ulang.

“Jika pemerintah tidak mundur sampai tanggal 15 Maret, kami akan berdemo di seluruh Bangkok. Ini akan menjadi demo terbesar di Bangkok yang pernah terjadi,” ancam Nattawut Saikua, seorang pemimpin kelompok ‘Red-Shirt’.

Advertisement

Thaksin sendiri memberi dukungan aksi para pendukungnya ini. “Aku menawarkan dukungan kepada Red Shirts yang melakukan pengorbanan dan akan keluar untuk menulis sejarah hari ini,” tulis Thaksin dalam akun twitternya.

Thaksin saat ini hidup dalam pengungsian di Dubai setelah tahun 2006 digulingkan oleh militer dalam sebuah kudeta.

dtc/rif

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif