News
Jumat, 12 Maret 2010 - 11:08 WIB

Presiden SBY temui PM Papua Nugini

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Papua Nugini— Presiden SBY, Jumat (12/3)  mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Papua Nugini, Michael T Somare bertempat di sebuah hotel di Port Moresby, Papua Nugini.

Presiden didampingi sejumlah menteri yang telah ikut sejak kunjungan ke Australia, antara lain Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Polkam Djoko Suyanto, Mendag Marie Pangestu, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Mentan Suswono dan Meneg Pora Andi Malarangeng.

Advertisement

Turut dalam pertemuan itu enam gubernur provinsi wilayah timur, yaitu Gubernur Papua Barnabas Suebu, Gubernur Papua Barat Bram Ataruri, Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Gubernur NTB Zainu Majdi, Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, dan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu.

Sejumlah isu akan menjadi topik pembicaraan kedua pemerintah, antara lain soal keamanan perbatasan, kerja sama kehutanan, pertanian dan perdagangan. Indonesia dan Papua Nugini memiliki hubungan sangat strategis karena wilayah kedua negara berbatasan langsung, dan rawan menimbulkan masalah perbatasan. Namun, selama ini masalah perbatasan berhasil ditangani melalui forum joint border committe yang dilakukan setiap tahun.

Sebelumnya, Kamis malam saat jamuan makan malam, Presiden Yudhoyono mendapat penghargaan Grand Companion of The Order of Hogolu dari PM Somare yang diberikan atas jasanya memperbaiki hubungan Indonesia dan Papua Nugini.

Advertisement

Kunjungan Presiden Indonesia ini merupakan kunjungan kedua presiden sejak dibukanya hubungan diplomatik kedua negara sejak tahun 1975. Kunjungan pertama dilakukan Presiden Soeharto pada tahun 1979.

inilah/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif