Jumat, 12 Maret 2010 16:53 WIB Hukum Share :

Polisi tangkap tiga pencuri rel KA

Grobogan (Espos)— Aksi pencurian baut rel kereta api (KA) di kompleks Stasiun Kradenan, Kecamatan Kradenan, Jumat (12/3) berhasil digagalkan polisi. Tiga pelaku pencurian,  Eko Tomo, 30, warga Dusun Ngrowo Desa Hargomulyo Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro Jatim, Proyanto, 44 warga Desa Balu, Kabupaten Blora, dan Yulianto, 33, warga Desa Kradenan, Kabupaten Grobogan.

“Ketiga pelaku berhasil kita amankan bersama barang bukti satu karung baut rek KA dan 43 lempeng rel saat beraksi di kompleks Stasiun Kradenan,” papar Kapolsek Kuwu, AKP Suparji kepada wartawan, Jumat.

Terungkapnya kasus  pencurian baut rel dan rel KA tersebut berawal ketika polisi  mendapat laporan dari seorang warga sekitar stasiun yang menjelaskan, ada tiga orang tak dikenal tengah duduk di dekat tumpukan rel bekas di kompleks Stasiun Kradenan.

Gerakan ketiga orang tak dikenal itu mencurigakan. Menurut pelapor, saat diamati seorang dari mereka tengah mencopoti baut dengan kunci Inggris, sedangkan dua lainnya tengah menggergaji rel bekas. Setelah yakin ketiga orang tersebut adalah pencuri, warga tadi kemudian memberitahukan kepada petugas PT KAI setempat dan dilanjutkan ke Polsek Kuwu.

Dengan dibantu petugas PT KAI, beberapa petugas Polsek yang dipimpin Kapolsek AKP Suparji, langsung melakukan pengepungan. Mengetahui ada petugas datang, ketiganya berusaha melarikan diri ke arah selatan. Namun berkat kesigapan petugas, ketiganya berhasil dibekuk tanpa perlawanan berarti.

Ketiga pelaku kepada petugas yang memeriksa mengaku, perbuatan itu telah direncanakan sejak beberapa waktu lalu. Mereka merencanakan pencurian setelah melihat tumpukan rel bekas di kompleks Stasiun Kradenan.  Menurut pelaku, rencananya rel bekas tersebut akan dijual kepada penadah.

rif

lowongan pekerjaan
marketing, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…