Jumat, 12 Maret 2010 16:38 WIB News Share :

Kutil 2,1 kg berhasil diangkat dari Dede 'manusia akar'

Bandung— Masih ingat Dede si “manusia akar”, pria dengan kutil di tubuhnya. Jumat (12/3), tim dokter kembali berhasil mengangkat kutil seberat 2, 1 kilogram dari tubuh Dede dalam operasi ke sembilan

“Total kutil yang diangkat itu mencapai 2,1 kg. Dari tangan kanan berhasil diangkat 1,4 kg dan dari tangan kiri 0,7 kg,” kata Ketua Tim Operasi Dr Hardisiswoe Soedjana, di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jumat (12/3).

Ia menjelaskan, secara keseluruhan tim operasi tidak menemukan kendala dalam operasi kali itu. “Kami tidak menemukan kendala yang cukup berarti, karena kami telah mengetahui keadaan Dede pada operasi sebelumnya,” ujar Dr Hardisiwoe.

Proses operasi tersebut, kata Dr Hardisiswoe, berjalan sekitar tiga jam. “Operasinya berlangsung tiga jam. Jam 08.00 pagi masuk ruang operasi jam 11.00 selesai,” jelasnya.

Menurut Hardisiswoe, tim dokter memang sengaja melakukan operasi pengangkatan kutil dari tubuh Dede dengan tengat waktu yang tak terlalu lama. Hal ini sengaja dibuat supaya kondisi Dede dapat cepat fit setelah menjalani operasi.

Ia menjelaskan, tujuan dilakukannya operasi tersebut ialah untuk kutil dan mengoptimalkan kembali fungsi tangan Dede. Usai menjalani operasi, Dede akan kembali diisolasi di ruang Bougenville RSHS Bandung.

ant/rif

lowongan pekrajaan
Yayasan Internusa Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…