News
Jumat, 12 Maret 2010 - 16:38 WIB

Kutil 2,1 kg berhasil diangkat dari Dede 'manusia akar'

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bandung— Masih ingat Dede si “manusia akar”, pria dengan kutil di tubuhnya. Jumat (12/3), tim dokter kembali berhasil mengangkat kutil seberat 2, 1 kilogram dari tubuh Dede dalam operasi ke sembilan

“Total kutil yang diangkat itu mencapai 2,1 kg. Dari tangan kanan berhasil diangkat 1,4 kg dan dari tangan kiri 0,7 kg,” kata Ketua Tim Operasi Dr Hardisiswoe Soedjana, di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jumat (12/3).

Advertisement

Ia menjelaskan, secara keseluruhan tim operasi tidak menemukan kendala dalam operasi kali itu. “Kami tidak menemukan kendala yang cukup berarti, karena kami telah mengetahui keadaan Dede pada operasi sebelumnya,” ujar Dr Hardisiwoe.

Proses operasi tersebut, kata Dr Hardisiswoe, berjalan sekitar tiga jam. “Operasinya berlangsung tiga jam. Jam 08.00 pagi masuk ruang operasi jam 11.00 selesai,” jelasnya.

Menurut Hardisiswoe, tim dokter memang sengaja melakukan operasi pengangkatan kutil dari tubuh Dede dengan tengat waktu yang tak terlalu lama. Hal ini sengaja dibuat supaya kondisi Dede dapat cepat fit setelah menjalani operasi.

Advertisement

Ia menjelaskan, tujuan dilakukannya operasi tersebut ialah untuk kutil dan mengoptimalkan kembali fungsi tangan Dede. Usai menjalani operasi, Dede akan kembali diisolasi di ruang Bougenville RSHS Bandung.

ant/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif