Jumat, 12 Maret 2010 15:33 WIB News Share :

BMKG
Waspadai cuaca buruk 12-15 Maret

Jakarta— Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk untuk berbagai daerah di Tanah Air pada 12-15 Maret 2010.

Berdasarkan data BMKG Jakarta, Jumat (12/3), terdapat daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Barat Bengkulu serta pertemuan angin yang memanjang di sekitar Maluku Tengah hingga Papua bagian Utara.

Peristiwa alam itu meningkatkan aktivitas pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia Barat, Maluku serta Papua. Kondisi tersebut juga didukung oleh suhu muka laut di wilayah perairan Indonesia yang hangat dan kelembaban udara yang tinggi.

Selain itu, faktor pemanasan berskala lokal yang ditandai dengan suhu udara yang tinggi antara pagi dan siang hari di beberapa wilayah Indonesia mendukung pertumbuhan awan Cumulonimbus.
Awan jenis tersebut berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat.

Sementara itu, wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Pesisir Barat dan Timur Sumatra bagian Tengah dan Selatan, Bengkulu, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat bagian Barat dan Selatan.

Sedangkan wilayah lainnya yang juga berpotensi diterpa cuaca buruk tersebut adalah Kalimantan Tengah bagian Selatan, Banten dan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur bagian Utara dan Barat, serta Jabodetabek.

Cuaca buruk yang diwarnai hujan petir serta angin kencang juga diperkirakan akan menerpa Sulawesi Selatan dan Tenggara, Maluku bagian Tengah, serta Papua bagian Utara dan Tengah.

ant/rif

lowongan pekerjaan
PT. SO GOOD FOOD, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…