News
Jumat, 12 Maret 2010 - 15:33 WIB

BMKG : Waspadai cuaca buruk 12-15 Maret

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta— Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk untuk berbagai daerah di Tanah Air pada 12-15 Maret 2010.

Berdasarkan data BMKG Jakarta, Jumat (12/3), terdapat daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Barat Bengkulu serta pertemuan angin yang memanjang di sekitar Maluku Tengah hingga Papua bagian Utara.

Advertisement

Peristiwa alam itu meningkatkan aktivitas pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia Barat, Maluku serta Papua. Kondisi tersebut juga didukung oleh suhu muka laut di wilayah perairan Indonesia yang hangat dan kelembaban udara yang tinggi.

Selain itu, faktor pemanasan berskala lokal yang ditandai dengan suhu udara yang tinggi antara pagi dan siang hari di beberapa wilayah Indonesia mendukung pertumbuhan awan Cumulonimbus.
Awan jenis tersebut berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat.

Sementara itu, wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Pesisir Barat dan Timur Sumatra bagian Tengah dan Selatan, Bengkulu, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat bagian Barat dan Selatan.

Advertisement

Sedangkan wilayah lainnya yang juga berpotensi diterpa cuaca buruk tersebut adalah Kalimantan Tengah bagian Selatan, Banten dan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur bagian Utara dan Barat, serta Jabodetabek.

Cuaca buruk yang diwarnai hujan petir serta angin kencang juga diperkirakan akan menerpa Sulawesi Selatan dan Tenggara, Maluku bagian Tengah, serta Papua bagian Utara dan Tengah.

ant/rif

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif