Internet
Kamis, 11 Maret 2010 16:06 WIB News Share :

BP3 didesak segera terbitkan surat penetapan BCB

Salatiga (Espos)–Forum Peduli Benda Cagar Budaya (Forped BCB) Salatiga mendesak agar Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jateng segera menerbitkan surat resmi yang menegaskan bangunan eks-Kodim 0714/Salatiga adalah BCB kelas I. Surat tersebut akan menjadi bukti otentik dan tak bisa disanggah oleh pihak-pihak yang ingin merusak BCB.

Aktivis Forped BCB Salatiga, Yakub Adi Krisanto, mengungkapkan laporan hasil inventarisasi BCB oleh BP3 Jateng dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Salatiga belum cukup untuk dijadikan sebagai pegangan.

Meski dalam laporan itu disebutkan secara jelas bahwa bangunan eks-Kodim masuk kategori BCB kelas I yang tidak boleh dirubah apalagi dibongkar.

“BP3 harus menegaskan pernyataan yang lalu, dengan dokumen otoritatif agar tidak bisa disanggah oleh pihak-pihak terkait. Juga kewajiban untuk merekonstruksi bangunan eks-Kodim yang ,” paparnya, Kamis (11/3), di Salatiga.

Selain itu, menurut dia, BP3 juga secara resmi harus meminta Pemkot Salatiga untuk melakukan pengawasan dari upaya rekonstruksi dan melakukan pelestarian sesuai UU 5/1992.

Menyangkut pernyataan Walikota Salatiga, John Manuel Manoppo yang tetap berpendapat bahwa eks-Kodim bukanlan BCB dan boleh dibongkar, Yakub menilai itu hak dia mengeluarkan pendapat. Namun dari penyataan tersebut, masyarakat bisa menilai sikap John tersebut.

Senada, Ketua Komisi II DPRD Salatiga, Toto Suprapto menilai sah-sah saja John menyampaikan pendapat seperti itu. Namun BP3 Jateng sudah menetapkan bahwa bangunan eks-Kodim adalah BCB dan harus direkonstruksi.

kha

lowongan pekerjaan
, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…