News
Rabu, 10 Maret 2010 - 14:59 WIB

Inggris desak Afghanistan berdamai dengan Taliban

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

London— Menteri luar negeri Inggris, David Miliband, Rabu (10/3), mendesak pemerintah Afghanistan meningkatkan usaha-usaha dan mencari penyelesaian politik dengan Taliban guna mengakhiri konflik yang telah menghancurkan negara itu.

Berbicara di Amerika Serikat, Menlu David Miliband  mendesak pemerintah Presiden Hamid Karzai untuk bergabung dengan usaha-usaha  internasional dengan meningkatkan usaha bagi satu persetujuan politik.

Advertisement

“Argumen saya adalah bahwa kini adalah waktunya bagi Afghanistan meneruskan satu penyelesaian politik dengan giat  dan  melakukan usaha dan energi seperti yang kita lakukan  dalam militer dan usaha sipil,” jelas Miliband yang akan berpidato di Institut Teknologi Massachusetts, Rabu malam.

“Kendatipun perang yang sangat meletihkan tanpa pandang bulu dan mengerikan mulai terjadi dalam perang Afghanistan, politik akan dapat membawa  diakhirinya perang dengan  dukungan bersama militer dan usaha sipil,” katanya.

Pernyataannya itu  ada kaitannya dengan tujuan satu rencana perdamaian yang diluncurkan Karzai dalam satu konferensi penting internasional di London, Januari , yang melibatkan usaha-usaha  menarik gerilyawan kembali ke kehidupan sipil dengan menawarkan pekerjaan dan insentif-insentif lainnya.

Advertisement

ant/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif