Selasa, 9 Maret 2010 10:21 WIB News Share :

Waspadai cuaca ekstrim 9-11 Maret

Jakarta— Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengeluarkan peringatan dini akan adanya cuaca ekstrim dalam tiga hari ke depan. Hujan lebat disertai angin dan petir berpotensi terjadi di Indonesia, terutama di Sumatera dan Jawa, mulai 9-11 Maret 2010.

“Bahkan ada beberapa wilayah yang akan diguyur hujan es,” kata Kepala Sub Bidang Informasi BMKG Haritirto, Selasa (9/3).

Hanya saja lanjutnya, BMKG tidak bisa memastikan hujan es tersebut akan terjadi di kota-kota mana. “Bisa dimana saja. Jika ada awan Cumulonimbus tebal, itu ada potensi kuat,” kata dia.

Cuaca ekstrim, kata dia, ditandai dengan hujan lebat yang berdurasi singkat. “Mulai siang hingga malam,” kata dia. Biasanya, kata dia, hujan lebat diawali dengan udara yang pengap hingga membuat gerah sehari atau dua hari sebelumnya.

Dikutip dari laman BMKG berikut wilayah yang akan terkena cuaca ekstrim:

–    Pesisir Barat Sumatera bagian Tengah dan Selatan
–    Sumatera bagian Tengah dan Selatan
–    Kalimantan Tengah
–    Jawa Barat bagian Tengah dan Selatan
–    Jawa Tengah bagian Utara dan Timur
–    Jawa Timur
–    Jabodetabek
–    Bali dan Nusa Tenggara
–    Sulawesi Selatan dan Tenggara
–    Maluku bagian Tengah dan Tenggara
–    Papua bagian Tengah


vivanews/rif

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU BEJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….