Selasa, 9 Maret 2010 06:22 WIB Issue Share :

Dongkrak penonton, Pemkot gelar Festival Ketoprak Solo

Solo (Espos)–Jumlah penonton pentas rutin ketoprak di Gedung Kesenian, Taman Balekambang Solo terus mengalami peningkatan. Pertunjukan yang digelar setiap Sabtu malam tersebut, kini rata-rata menyedot perhatian 150-200 penonton dalam setiap penampilan. Namun, pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo dan kelompok seni ketoprak tampaknya belum cukup puas. mereka tetap berusaha untuk terus meningkatkan jumlah penonton di gedung berkapasitas 450 orang tersebut dengan berbagai cara yang mereka pakai.

“Awalnya kami hanya menargetkan 100 penonton. Namun sekarang, paling tidak setengah gedung pertunjukan harus terisi dan nantinya kami akan targetkan penontonnya sampai memenuhi gedung,” papar Kepala UPTD Kawasan Wisata dan Maliawan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Endang Sri Murniati saat dijumpai Espos, Senin (8/3).

Untuk mendongkrak jumlah penonton, berbagai macam promosi telah dilancarkan pihak Disbudpar. Sejumlah seniman dari Kerabat Kerja Seniman Muda Surakarta (KKSMS) dan Ketoprak Balekambang Solo pimpinan Ronggo Sukasdi tak kalah getolnya melakukan promosi kepada masyarakat. Beberapa waktu lalu, koordinator KKSMS dan Ketoprak Ngampung Balekambang Solo, Tatak Prihantoro mengaku kalau setiap Jumat dan Sabtu rela blusukan pasar tradisional untuk menyebar brosur pertunjukan kepada masyarakatagar bersedia menonton pertunjukan mereka.

“Memang untuk promosi, masing-masing kelompok juga melancarkan usahanya dalam menggaet penonton. Kami cukup senang, dengan tiket yang murah (Rp 5.000 per orang), masyarakat bersedia menonton kesenian rakyat ini,” terang Endang.

Semua usaha itu, diharapkan bisa menggiring eksistensi pertunjukan ketoprak Balekambang seperti pada masa kejayaannya. Hingga pertunjukan ketoprak di Balekambang menjadi primadona di kota sendiri dan menarik perhatian masyarakat luar daerah. Untuk mengawali dan menstimulasikannya, Disbudpar pada bulan ini telah menyiapkan sebuah festival ketoprak.

“Pada Jumat-Minggu (26-28/3) nanti akan digelar Festival Ketoprak Solo untuk memperebutkan piala walikota. Akan ada lima kelompok yang tampil mewakili masing-masing kecamatan di Kota Solo,” beber Endang.

hkt

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

Bukan Chrome atau Firefox, Ternyata Ini Browser Paling Aman di Dunia

Microsoft Edge ternyata memberikan perlindungan yang jauh lebih besar daripada alternatif buatan Google dan Mozilla. Solopos.com, NEW YORK – Konsultan keamanan siber NSS Labs baru-baru ini merilis laporan mengenai Web Browser Security Comparative Reports yang menilai tingkat keamanan pada peramban…