Senin, 8 Maret 2010 21:03 WIB Kuliner Share :

Kualitas dan pengolahan daging jadi rahasia kelezatan

Pernah menyaksikan film kartun Spongebob Squarepants? Kartun yang belakangan jadi idola anak-anak Indonesia itu menyelipkan cerita bagaimana perjuangan Plankton, si makhluk laut bertubuh supermini mencuri resep rahasia daging roti burgermilik Mister Krab. Sampai pontang panting usaha Plankton untuk mencuri resep rahasia itu, namun tak juga berhasil.

Sebenarnya apa sih yang membuat Plankton begitu gigih mencuri resep rahasia itu? Ya, itu karena Plankton sadar bahwa kunci kelezatan sebuah roti burger Krusty Krab terletak pada racikan bumbu patties-nya. Resep olahan daging patties istimewa yang ditemukan secara tak sengaja oleh Mister Krab itulah yang membuat banyak pelanggan datang ke Krusty Krab demi sepotong roti burger.

Kesadaran serupa ternyata juga disadari oleh beberapa pengusaha roti burger di Solo. Di King’s Burger di Jl Bhayangkara misalnya, sengaja memilih daging olahan instan dari produsen langganan. Menurut Agus, karyawan King’s Burger, daging olahan tersebut hanya khusus diproduksi untuk kebutuhan King’s Burger. “Isi burger lainnya sih standar, selada mentimun, tomat ditambah mayones dan saus tomat, kalau ingin pedas ya bisa ditambah saos sambal. Tapi yang bikin istimewa justru daging olahannya,” kata dia.

Racikan istimewa patties atau hamburger yang disisipkan di sela roti bun juga bisa ditemui di Mister Burger, usaha roti burger waralaba yang berpusat di Yogyakarta ini konon sangat serius dalam penanganan hamburgernya. Diolah dari daging sapi berkualitas tinggi yang memiliki kadar daging 90% dan 10% lemak plus tambahan saus barbeque saat penyajian membuat sajian Mister Burger lebih istimewa.

Tapi tunggu dulu, tahukah Anda rahasia kelezatan burger Krusty Krab di kartun Spongebob Squarepants itu tak semata-mata karena resep rahasia Mister Krab? Tangan terampil dan kecerdasan Spongebob dalam mengolah patties juga jadi poin penting kelezatan roti burgerKrusty Krab. Tengoklah bagaimana Spongebob tampak begitu lincah memasak patties, ditambah lagi, ia juga menambahkan sedikit bumbu cinta di sana.

Kecerdikan saat mengolah hamburger memiliki peran sentral dalam menentukan kelezatan roti burger. Itu sebabnya, Klenger Burger tak mau main-main dalam mengolah patties untuk menu roti burger andalannya. “Pattieskami olah dengan cara dipanggang, bukan digoreng seperti kebanyakan restoran dan warung burger lain. Karena itu rasanya berbeda,” kata Aprianto, Supervisor Klenger Burger Solo. Benar saja, dengan teknik pengolahan itu daging burger milik Klenger Burger terasa lebih kesat, saus barbeque yang dioleskan sesaat sebelum daging dipanggang meresap total ke dalam daging, memberi rasa gurih yang pas. Waspada saja, resep ini bisa-bisa dicuri Plankton.

Oleh: Esmasari Widyaningtyas, Fetty Permatasari

lowongan pekerjaan
PT SAKA JAYA ENGGAL CIPTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…