Senin, 8 Maret 2010 12:42 WIB Internasional Share :

Gempa Turki tewaskan 5 Orang

Tunceli–Gempa kuat menewaskan lima orang di Turki timur , Senin (8/3). Observatorium gempa Kandilli Turki  mengatakan gempa berkekuatan 6.0 skala Richter  dan berpusat  di Basyurt, provinsi Elazig terjadi pukul 04:30 waktu setempat  (09:30 WIB).

Lima orang tewas  di desa Okcular, pronvisi Elazig, kata gubernur provinsi itu Muammer Erol kepada Reuters.

Stasiun televisi CNN Turki memberitakan  ada laporan  orang-orang  terperangkap  di bawah reruntuhan bangunan . Lebih dari 12  gempa susulan yang lebih kecil  setelah gempa utama, kata Kandilli.

Penduduk yang panik  segera meninggalkan rumah-rumah mereka  lari ke jalan-jalan  ketika gempa itu terjadi dan banyak yang tinggal di luar kediaman mereka khawatir terjadi gempa susulan  di kota Tunceli , sekitar 40km  dari  pusat gempa .

Survai Geologi Amerika Serikat  melaporkan gempa itu berkekuatan 5,9 skala Richter  dan mengatakan terjadi pada  kedalaman 11 kilometer.

Gempa berkekuatan  lebih dari 6.0 skala Richter bisa menimbulkan kehancuran hebat.

“Ada kekhawatiran dan kepanikan dikalangan penduduk . Gempa itu berlangsung selama satu menit . Kami merasakan  gempa itu sangat kuat dan semua orang berusaha lari ke jalan,” kata Nusel Sengezer,  seorang koresponden  Kantor Berita Dogan  di Karakocan kepada  stasiun televisi CNN Turki.

Turki sering dilanda gempa. Satu gempa dahsyat  berkekuatan 7.4 skala Richter  menewaskan 18.000 orang Agustus 1999.

ant/fid

lowongan pekerjaan
Carmesha Music School, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…