News
Minggu, 7 Maret 2010 - 13:45 WIB

18 Kapal pesiar bakal mampir di Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarang–Sekitar 18 kapal pesiar direncanakan singgah di Provinsi Jawa Tengah melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“18 Kapal ini merupakan target hitungan minimal kapal pesiar yang akan berlabuh di Tanjung Emas,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng, Gatot Bambang Hastowo, di Semarang, Minggu (7/3).

Advertisement

Ia mengemukakan, sejumlah pelaku pariwisata di luar negeri hingga saat ini sedang bernegosiasi untuk membawa Wisman berkunjung ke Jateng. “18 kapal ini yang sudah sepakat dan dipastikan singgah ke Jateng,” katanya.
Gatot mengungkapkan, kedatangan kapal pesiar itu menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan Wisman. Jika setiap kapal pesiar rata-rata mengangkut 500 penumpang, katanya, jumlah kunjungan Wisman akan meningkat.

Sementara, pada laporan pertanggungjawaban Tahun Anggaran 2009, Gubernur Jateng, Bibit Waluyo, menyatakan, selama tahun 2009 terdapat 15 kapal pesiar yang mengunjungi provinsi itu melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Kapal pesiar itu mengangkut 9.379 wisatawan berasal dari berbagai negara.
Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jateng selama Tahun 2009 mencapai 19 juta orang dengan rata-rata tinggal 1,94 hari.

Advertisement

Gubernur menjelaskan, berbagai upaya dilakukan Pemprov setempat untuk menjadikan provinsi itu sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama tingkat nasional seperti melalui perencanaan dan pengembangan pariwisata, peningkatan promosi, pengembangan produk, hingga kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan.

ant/rei

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Tanjung Emas
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif