News
Jumat, 5 Maret 2010 - 14:43 WIB

Setahun butuh 1 juta karyawan hotel

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Sektor perhotelan di Indonesia membutuhkan setidaknya satu juta karyawan pertahun dengan tingkat kompetensi yang terstandar.

“Anggota kami sekitar 10.000 hotel di Indonesia dan rata-rata mereka perlu 100 karyawan pertahun. Itu artinya diperlukan satu juta karyawan perhotelan per tahun,” kata Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Wiryanti Sukamdani, di Jakarta, Jumat (5/3).

Advertisement

Dia mengatakan, tingkat kebutuhan itu akan semakin membengkak bila kondisi perpolitikan dan keamanan makin stabil. Menurut dia, bisnis perhotelan yang terkait langsung dengan sektor pariwisata sangat erat hubungannya dengan kondisi keamanan secara menyeluruh.

“Semakin stabil kondisi kita, akan semakin banyak turis datang, dan semakin besar pula kebutuhan tenaga kerja di sektor perhotelan,” katanya. Wiryanti memperkirakan rata-rata tingkat hunian hotel tahun ini akan menempati angka di atas 65 persen.

Fakta itu, akan menuntut lebih banyak SDM perhotelan yang kompeten. “Apalagi pemerintah sudah menargetkan jumlah kunjungan Wisman tujuh juta dan 223 juta pergerakan wisatawan domestik,” katanya.

Advertisement

Meski diperlukan SDM perhotelan dalam jumlah besar, Wiryanti menekankan tingkat kompetensi SDM yang harus tinggi.

Pemerintah melalui Kemenbudpar menargetkan mampu memfasilitasi sertifikasi kompetensi bagi SDM pariwisata di sektor hotel, restoran, dan spa mencapai 5.000 orang pada 2010. Tahun lalu sebanyak 4.000 SDM pariwisata tersertifikasi dalam waktu 100 hari kerja Kemenbudpar.

ant/rei

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Hotel
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif