Jumat, 5 Maret 2010 22:18 WIB Boyolali Share :

Boyolali bidik Adipura

Boyolali (Espos)–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali optimistis mampu meraih piala adipura untuk kali kelima dengan kategori kota kecil terbersih tingkat nasional. Menurut rencana, penilaian bakal dilaksanakan pada bulan Juni 2010 mendatang.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Boyolali, Rahmat Hadisantosa, saat digelar rapat koordinasi persiapan penilaian adipura tahap kedua di Ruang Kepodhang Kantor Pemkab Boyolali, Jumat (5/3).

“Kami optimistis Boyolali dapat memperoleh kembali piala adipura untuk kali kelima,” tegas Rahmat kepada wartawan.

Rahmat menjelaskan selama empat kali berturut-turut, Kabupaten Boyolali berhasil memperoleh piala adipura untuk kategori kota kecil terbersih tingkat nasional. Menurut Rahmat, perolehan piala adipura untuk kali kelima karena berdasarkan penilaian pada tahap pertama (P1) Kabupaten Boyolali memperoleh nilai 76. Nilai tersebut, menurut dia, di atas passing grade yang ditetapkan, yakni 73.

Lebih lanjut Rahmat mengatakan nilai 76 pada P1 tersebut merupakan hasil penilaian dari 10 titik pantau oleh tim, antara lain meliputi perumahan, jalan, perkantoran, sekolah, hutan kota, rumah sakit umum daerah (RSUD), Puskesmas, terminal,  tempat pembuangan sampah , terminal dan perairan terbuka Kali Gedhe Boyolali kota. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, lanjut dia, penilaian pada tahap kedua (P2) itu naik dari P1.

“Dengan nilai 76 pada penilaian tahap pertama, Kabupaten Boyolali berada pada posisi ketiga tingkat Provinsi Jawa Tengah setelah Kabupaten Jepara dan Kabupaten Pati. Sedangkan untuk wilayah se-Subosukowonosraten pada P1, Kabupaten Boyolali pada posisi pertama,” paparnya.

Rahmat mengatakan pada P2, menurut rencana akan berlangsung pada akhir bulan Maret dan awal bulan April 2010. Untuk itu, pihaknya berharap kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan masyarakat untuk terus meningkatkan kualitas obyek penilaian, sehingga pada P2 yang akan berlangsung akhir April dan awal Mei 2010 nanti, nilainya dapat meningkat dari 76, sehingga Kabupaten Boyolali bisa mempertahankan predikat sebagai kota kecil terbersih untuk kali kelima.

sry

lowongan pekerjaan
CV PRIMEDANIE, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…