Jumat, 5 Maret 2010 14:20 WIB News Share :

Amien Rais minta Boediono dan Srimulyani legawa untuk mundur

Jakarta— Mantan Ketua MPR Amien Rais menyarankan Wakil Presiden Boediono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk dengan legawa mengundurkan diri dari jabatannya.

“Kalau sebagian besar wakil rakyat tidak lagi mempercayai Pak Boediono dan Sri Mulyani, maka alangkah indahnya, alangkah eloknya, kalau kemudian dengan legawa Pak Boediono dan Ibu Sri Mulyani mengundurkan diri,” kata Amien, di ruang Fraksi PAN, Gedung DPR, Jum’at (5/3), saat dimintai pendapatnya soal pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tadi malam.

Permintaan agar keduanya mengundurkan diri, menurut Amien, disampaikan atas nama pribadi dan mantan Ketua MPR. Hal itu  sesuai dengan etika demokrasi dan fatsoen demokrasi. Dia mengatakan, praktek mengundurkan diri setelah tidak lagi dipercaya publik adalah sesuatu yang lazim di negara demokrasi.

Praktek-praktek semacam itu,  kata Amien, “Terjadi di Jepang, bahkan di negara Yahudi Israel sekalipun.”

“Tapi, di sini yang berlaku maju tak gentar,” kata Amien. Padahal, ia melanjutkan, sikap itu justru akan menyulitkan posisi Presiden. Juga, akan menyulitkan hubungan DPR dan pemerintah.

tempointeraktif/rif

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Jokowi Raja Batak

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (13/01/2018). Esai ini karya Advent Tarigan Tambun, inisiator Sinabung Karo Jazz 2017. Alamat e-mail penulis adalah atambun@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Saya bukan ahli budaya Batak. Dengan jujur saya harus mengatakan bahwa pengetahuan saya tentang budaya…