News
Rabu, 3 Maret 2010 - 16:59 WIB

Dede "Manusia Pohon" batal dioperasi

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bandung–Tim dokter bedah Rumah Sakit Umum Pusat dr Hasan Sadikin Bandung membatalkan rencana operasi kutil Dede si “Manusia Pohon.”

Operasi yang semula direncanakan Kamis (4/3), tertunda karena kondisi kesehatan Dede Koswara, 39 tahun, dinilai belum siap.

Advertisement

“Hasil pemeriksaan laboratorium kurang bagus,” kata koordinator tim dr Rahmat Dinata, Rabu (3/3). Namun dia enggan memperinci kondisi Dede yang belum baik itu.

Sebelumnya, Rahmat mengatakan, operasi akan dimulai jika sudah tidak ada infeksi paru-paru, gangguan fungsi hati, atau ginjal pasien. “Kepastian waktu operasi menunggu kondisi kesehatan Dede, tim nanti akan berunding lagi,” ujarnya.

Sejak Minggu lalu, Dede masuk kembali ke RS Hasan Sadikin. Mulai Senin, ia menjalani berbagai pemeriksaan untuk persiapan operasi.

Advertisement

Dede, penderita epidermo displacia veruciformis disertai giant cutaneous horn satu-satunya di dunia, harus kembali dioperasi. Alasannya menurut Rahmat, kutil raksasa di tangannya terus tumbuh walau telah dibuang.

“Kutil di tangannya tumbuh subur tiap 6 bulan,” jelasnya.  Sejauh ini, belum ada obat yang bisa menghambat pertumbuhan virus di tubuh Dede. Obat sebelumnya yang diberikan ahli Dermatologi dari Maryland AS, Prof Anthony Gaspari, dihentikan karena menurunkan fungsi ginjal Dede.

Tempointeraktif.com/rei

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Manusia Pphon
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif