Rabu, 3 Maret 2010 16:59 WIB News Share :

Dede "Manusia Pohon" batal dioperasi

Bandung–Tim dokter bedah Rumah Sakit Umum Pusat dr Hasan Sadikin Bandung membatalkan rencana operasi kutil Dede si “Manusia Pohon.”

Operasi yang semula direncanakan Kamis (4/3), tertunda karena kondisi kesehatan Dede Koswara, 39 tahun, dinilai belum siap.

“Hasil pemeriksaan laboratorium kurang bagus,” kata koordinator tim dr Rahmat Dinata, Rabu (3/3). Namun dia enggan memperinci kondisi Dede yang belum baik itu.

Sebelumnya, Rahmat mengatakan, operasi akan dimulai jika sudah tidak ada infeksi paru-paru, gangguan fungsi hati, atau ginjal pasien. “Kepastian waktu operasi menunggu kondisi kesehatan Dede, tim nanti akan berunding lagi,” ujarnya.

Sejak Minggu lalu, Dede masuk kembali ke RS Hasan Sadikin. Mulai Senin, ia menjalani berbagai pemeriksaan untuk persiapan operasi.

Dede, penderita epidermo displacia veruciformis disertai giant cutaneous horn satu-satunya di dunia, harus kembali dioperasi. Alasannya menurut Rahmat, kutil raksasa di tangannya terus tumbuh walau telah dibuang.

“Kutil di tangannya tumbuh subur tiap 6 bulan,” jelasnya.  Sejauh ini, belum ada obat yang bisa menghambat pertumbuhan virus di tubuh Dede. Obat sebelumnya yang diberikan ahli Dermatologi dari Maryland AS, Prof Anthony Gaspari, dihentikan karena menurunkan fungsi ginjal Dede.

Tempointeraktif.com/rei

lowongan pekrajaan
Yayasan Internusa Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Perempuan Melawan Pelecehan Seksual

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (16/01/2018). Esai ini karya Evy Sofia, alumnus Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah evysofia2008@gmail.com.  Solopos.com, SOLO—Empathy is seeing with the eyes of another, listening with the ears of another,…