Selasa, 2 Maret 2010 21:34 WIB Sukoharjo Share :

Tipu 12 korban, Sutar disel

Sukoharjo (Espos)–Sutar alias Suratno, 45, warga Dukuh Getasan, Desa Kaling, Tasikmadu, Karanganyar dijebloskan ke tahanan Mapolres Sukoharjo lantaran diduga melakukan penipuan.

Tak tanggung-tanggung, korban yang berhasil ditipunya mencapai 12 orang termasuk mertuanya.

Informasi yang dihimpun Espos, Senin (1/3) di Mapolsek Mojolaban, menyebutkan, kasus penipuan yang terjadi sejak Desember hingga Februari tersebut, terbongkar setelah para korban melapor ke polisi.

Dalam menjalankan aksinya, mula-mula tersangka mendekati dan membujuk korban agar bersedia memberi pinjaman uang dengan diiming-imingi akan mengganti dua kali lipat maupun dijanjikan akan dibelikan motor.

Para korban akhirnya bersedia meminjamkan uangnya dengan nilai mulai Rp 500.000 hingga puluhan juta karena terlanjur percaya kepada tersangka yang menyatakan memiliki tabungan di Bank BCA. Untuk meyakinkan korbannya, tersangka menunjukkan buku tabungan BCA beserta ATM yang ternyata setelah dicek tidak ada isinya.

Begitu juga dengan korban lain, Istrini, 70, warga Dukuh Gondangwaru, Desa Joho, Mojolaban yang tak lain merupakan mertuanya. Setelah menjual sawahnya seluas satu patok, Istrini rela menyerahkan uangnya sekitar Rp 130 juta lantaran tersangka berjanji akan mengganti dengan dua patok sawah.

Setelah berhasil mendapatkan uang dari para korban, tersangka lalu menggunakan uang untuk membeli peralatan sound system dengan niat akan membuka usaha persewaan.

Kapolres Sukoharjo AKBP Suharyono melalui Kapolsek Mojolaban, AKP Agus Subekti mengatakan, total kerugian para korban akibat aksi penipuan yang dilakukan tersangka mencapai seratusan juta rupiah.

“Kerugian masing-masing korban bervariasi ada yang Rp 500 ribu, satu
juta sampai seratusan juta. Total kerugian seluruhnya sekitar Rp 168 juta,” ujarnya kepada wartawan di kantornya.

Kapolsek mengatakan, pelaku yang kini telah ditahan terancam dijerat
Pasal 378 Jo 372 KHUP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman empat tahun penjara. Tersangka ditahan bersama sejumlah barang bukti dan peralatan sound system karena uang yang digunakan merupakan hasil curian.

ufi

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…