Soloraya
Selasa, 2 Maret 2010 - 22:14 WIB

Calon independen lolos verifikasi

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Pasangan Widodo-Teguh Wiyono yang berniat maju dalam Pilkada Boyolali tahun 2010 dari jalur independen, dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Pasangan itu diakui telah memenuhi jumlah dukungan yang disyaratkan minimal 3% dari jumlah penduduk Boyolali, atau sebanyak 36.036 suara.

Advertisement

Divisi Pemilih, Pencalonan dan Pergantian Antar Waktu (PAW) KPU Boyolali, Ahmad Charir mengemukakan berdasarkan hasil verifikasi faktual yang dilakukan dari tingkat PPS, PPK hingga KPU,  dari sebanyak 47.365 bukti dukungan yang diajukan pasangan Widodo-Teguh Wiyono, 32.825 di antaranya dinyatakan memenuhi syarat (MS).

“Sisanya, sebanyak 14.540 bukti dukungan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) karena saat dilakukan verifikasi faktual di lapangan diketahui ada beberapa alasan,” katanya.

Misalnya bukti KTP yang sudah tidak berlaku, ada pernyataan tidak mendukung, data kependudukan yang tidak sesuai hingga dukungan dari kalangan PNS.  Sementara sesuai ketentuan, PNS dalam hal ini Seharusnya netral.

Advertisement

Ahmad mengatakan pasangan Widodo-Teguh Wiyono lolos dan berhak mendaftarkan diri menjadi Balon bupati dan wakil bupati (Wabup) dalam Pilkada mendatang. Dengan dipenuhinya jumlah bukti dukungan minimal 30.036 suara, maka menurut Ahmad, tidak diperlukan lagi verifikasi faktual tahap II terhadap pasangan dari jalur independen tersebut.

sry

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Calon Independen
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif