News
Senin, 1 Maret 2010 - 13:31 WIB

Samuel: Inflasi Februari level aman

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta— Inflasi pada Februari 2010 ini diperkirakan masih berada di level yang aman. Diperkirakan inflasi berkisar pada 0,45% MoM dan 3,97% YoY.

“Kami melihat inflasi bulan Februari ini masih berada dalam situasi dan level yang aman didukung oleh adanya perbaikan politik ekonomi dalam negeri,” tulis riset Samuel Sekuritas, Senin (1/3).

Advertisement

Sebelumnya, Bank Indonesia mengisyaratkan akan mempertahankan BI rate di 6,5% hingga semester pertama 2010. Sementara itu, para analis yang disurvey Bloomberg menunjukkan kisaran antara 0,1% MoM sampai dengan 0,8% atau 3,6%-4,3% YoY dengan median konsensus di 0,45% MoM atau 3,97% YoY.

Angka inflasi Februari ini karena tekanan dari harga beras. Kepala BPS pun mengisyaratkan ada tekanan inflasi pada Februari 2010 karena kenaikan harga beras. Harga beras naik sejak Januari 2010 lalu, dan menunjukkan kenaikan 8,45% untuk beras murah dan 7,8% untuk beras mahal. Dan bobot beras didalam perhitungan inflasi cukup tinggi mencapai 0,35% pada inflasi Januari lalu.

“Dengan tekanan kenaikan pada harga bahan makanan dan minuman, sedangkan untuk komponen sandang kemungkinan bisa terjadi deflasi,” tulisnya.

Advertisement

inilah/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif