News
Minggu, 28 Februari 2010 - 13:50 WIB

Panitia pemenangan komodo dibentuk

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Panitia nasional pemenangan Taman Nasional Komodo sebagai salah satu keajaiban alam dunia alias new seven wonders of nature segera dibentuk.

“Kami sudah ajukan ke Presiden untuk membuat panitia nasional yang beranggotakan lintas institusi untuk pemenangan Komodo,” kata Direktur Sarana Promosi Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), Esthy Reko Astuti, di Jakarta, Minggu (28/2).

Advertisement

Ia mengatakan, pihaknya telah mengusulkan kepada Presiden agar beberapa institusi bersinergi bersama dengan pemangku kepentingan industri pariwisata guna membentuk sebuah panitia nasional pemenangan Taman Nasional Komodo. Sejumlah institusi yang diharapkan dapat terkonsolidasi dalam satu kepanitiaan nasional di antaranya Kemenbudpar, Kementerian Kehutanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pendidikan Nasional, dan Kementerian Lingkungan Hidup.

Menurut dia, jika sejumlah instansi itu memperjuangkan bersama kemenangan komodo sebagai keajaiban dunia maka bukan tidak mungkin satwa endemik NTT itu akan mendapatkan tempat sebagai salah satu keajaiban dunia baru. “Memenangkan Komodo hanya dapat dilakukan secara bersama-sama, bukan tanggung jawab Kemenbudpar saja,” katanya.

Esthy memperkirakan untuk dapat menempatkan TN Komodo sebagai salah satu pemenang dan menjadi keajaiban dunia baru versi alam membutuhkan sekurang-kurangnya 200 juta voter dalam polling new 7 wonders of nature. Sementara jumlah pengguna internet aktif di Indonesia hanya berkisar 25 juta orang. Oleh karena itu, Indonesia memerlukan peran aktif masyarakat dari luar negeri untuk turut serta menjadi voter Komodo.

Advertisement

ant/rei

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Komodo New7wonders
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif