Minggu, 28 Februari 2010 22:39 WIB Kesehatan Share :

Imunisasi dan vaksin bisa kurangi risiko…

Hydrocephalus tak melulu disebabkan oleh tumor dan kelainan bawaan. Yang lebih mengkhawatirkan sejatinya adalah fakta yang menyebut hydrocephalus dapat terjadi lantaran infeksi kepala. Kuman yang bersarang di pencernaan dan paru-paru berpeluang berimigrasi ke kepala dan menginfeksi salah satu bagian otak. Sebut saja sebagai contoh, penyakit campak yang ternyata dapat menyebabkan meningitis atau radang selaput otak. Atau, contoh lain adalah, pnumonia yang juga bisa menginfeksi otak.

Maka dari itu, dr Lucy Endang Savitri, dokter anak dari RS Islam Solo menyarankan para orangtua untuk melakukan imunisasi lengkap kepada buah hatinya untuk mengurangi risiko hydrocephalus. “Paling tidak, lakukan imunisasi dasar seperti BCG, Hepatitis B, Polio, DPTdan campak. Kalau ada rezeki lebih tambahkan pula dengan imunisasi lain,” saran dia.

Hal lain yang juga penting diperhatikan adalah jangan angap remeh penyakit anak. Gangguan kesehatan seperti batuk atau panas bisa jadi gejala awal terjadi infeksi pada tubuh. Makin cepat diobati, makin kecil pula peluang infeksi menyebar hingga ke otak.

Oleh: Esmasari Widyaningtyas, Fetty Permatasari

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…