KA Joglosemar diuji coba, tiket digratiskan

Solo (Espos)–Kereta Api (KA) Joglosemar diujicobakan, Jumat (26/2). Ujicoba dilakukan sebelum Joglosemar itu dioperasionalkan per 1 Maret.

Seperti diketahui sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop IV telah mengambil kebijakan untuk merubah KA Banyubiru menjadi KA Joglosemar dan mengalihkan rute dari Semarang -Sragen menjadi Semarang-Yogyakarta per 1 Maret 2010. Pengalihan rute tersebut dilakukan untuk meningkatkan load factor KA Banyubiru yang hanya mencapai rata-rata 30% sejak diluncurkan September 2008.

Pejabat Humas PT KAI Daop IV Semarang, saat dihubungi Espos, Kamis (25/6), mengatakan, ujicoba lebih dimaksudkan untuk menguji sarana kereta api yang sebelumnya sudah dilakukan pembenahan dengan tidak menjalankan KA Banyubiru. “Kita lebih menguji coba sarananya. Kalau pasar, akan diketahui setelah dioperasionalkan. Dengan ujicoba tersebut, kami akan tahu di mana kekurangannya,” tuturnya.

Dalam ujicoba tersebut, PT KAI Daop IV memberikan tumpangan gratis kepada penumpang yang mungkin hendak bepergian ke Yogyakarta dengan KA Joglosemar. “Gratis, tidak hanya bagi keluarga karyawan dan wartawan. Bagi penumpang yang ingin ke Yogyakarta numpang KA Joglosemar juga gratis.”

Terkait tarif, Daop IV menyampaikan, tarif Joglosemar Semarang-Yogyakarta adalah Rp 24.000 per penumpang selama masa promo tiga bulan. Sementara, untuk relasi Solo-Semarang Rp 20.000 per penumpang dan relasi Solo-Yogyakarta, Rp 8.000 per penumpang.

haw

Editor: | dalam: Ekonomi |
Menarik Juga ยป