Rabu, 24 Februari 2010 13:05 WIB News Share :

Tolak alih fungsi lahan, ribuan petani demo

Pati— Demi mempertahankan lahan pertaniannya agar tidak beralih fungsi menjadi kawasan industri, ribuan petani dari Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Rabu (24/2), berunjuk rasa.

Para petani yang tergabung dalam Serikat Petani Pati (SPP) berunjuk rasa di kawasan Alun-alun Pati. Hujan deras tak menyurutkan semangat ribuan peserta unjuk rasa.

Selain mengusung sejumlah poster para pengunjuk rasa juga mengusung hasil pertanian. Seperti jagung, ketela, pisang, padi, dan kacang tanah.

Koordinator aksi, Murni menegaskan, petani di Pati menolak kebijakan industrialisasi yang akan menggusur petani.

“Tetapi, kami mendukung upaya pemerintah menjadikan Pati bumi mina tani, sehingga bisa menjadi salah satu daerah lumbumg pangan Jateng,” ujarnya.

Aksi ini dipicu Raperda RTRW 2008-2027, dalam draft RTRW tersebut memasukkan rencana penambangan besar yang akan melakukan alih fungsi lahan dari lahan resapan air, tegalan, dan pertanian menjadi lahan tambang.

“Hal tersebut, direncanakan terutama di wilayah Pati selatan, seperti Sukolilo, Kayen, Tambakromo,” ujarnya.

ant/rif

The jagongan, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Rabun...

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (11/9/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Judul esai saya ini saya adopsi dari terminologi Profesor Theodore Levitt tentang marketing myopia atau…