Soloraya
Senin, 22 Februari 2010 - 21:24 WIB

Instalasi pengolahan limbah telan Rp 5 M

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Instalasi Pengolahan Air (IPA) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang dibangun dengan bantuan pemerintah pusat senilai Rp 5 miliar di Dusun Pandanarum, Desa Boto, Kecamatan Baturetno bakal diresmikan penggunaannya oleh Bupati Wonogiri H Begug Poernomosidi, Selasa (23/2) malam.

Kepala Bagian Umum PDAM Wonogiri, Hendro Setyatmoko, ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/2) mengungkapkan, IPA yang merupakan bagian instalasi kecamatan kota (IKK) Baturetno itu dibangun mulai Maret 2009 lalu. IPA itu kini telah melayani sekitar 200 sambungan rumah dengan debit air 20 liter per detik. Hendro mengatakan, IPA pertama yang dibangun dengan memanfaatkan air Waduk Gajah Mungkur (WGM) itu ditargetkan bisa melayani 2.000 sambungan rumah di seluruh Kecamatan Baturetno.

Advertisement

“Kecamatan Baturetno dipilih sebagai penerima proyek IPA ini karena di kecamatan itu tidak ada sumber air. Sehingga sambungan PDAM perlu dikembangkan di sana,” ujar Hendro.

Meski mengambil air dari WGM, Hendro menambahkan, ketersediaan air untuk IPA itu dipastikan tidak akan terganggu saat musim kemarau karena sumber air yang diambil berada agak ke tengah waduk, di tempat yang tetap ada airnya saat musim kemarau. IPA tersebut kata Hendro masih memungkinkan untuk ditingkatkan volume produksinya sehingga bisa melayani lebih banyak sambungan rumah. Namun hal itu akan dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan kebutuhan.

shs

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : IPA Wonogiri
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif