Senin, 15 Februari 2010 09:57 WIB Ah Tenane Share :

HP kembar

Berbagai cara pernah dilakukan oleh Gendhuk Nicole agar nilai ujiannya tidak jeblok. Nyontek dan njaplak sudah biasa bagi mahasiswi sebuah akademi di Sukoharjo ini.

Namun yang berhubungan dengan HP, dia nggak berani. Maklum, pernah ada pengalaman buruk kecekel HP-nya pas ujian SMA dulu.

Ujian hari pertama dan kedua berjalan lancar tanpa hambatan. Namun di hari ketiga ada kesalahan teknis, saat ujian berlangsung tiba-tiba ada HP berbunyi. Cempluk langsung gembrobyos takut kena sanksi.

”HP siapa yang berbunyi itu?! Sudah saya peringatkan dari awal tadi, HP harap dimatikan atau didiamkan sampai ujian selesai!” gertak BU Lady Cempluk, guru pengawas.

Ditunggu-tunggu, namun tak ada satu pun siswa yang mengaku.

”Apa HP-ku mau lali durung tak silent ya?” batin Gendhuk, karena ia tahu persis nada dering itu miliknya.

Meski agak ragu, akhirnya Gendhuk secara jujur mengakui kalau itu bunyi HP-nya, ”Maaf Bu, itu suara HP saya. Tadi lupa saya diamkan.”

Sambil berjalan lemas, Gendhuk Nicole maju lalu membuka tasnya yang sudah dikumpulkan di depan kelas. Namun setelah dibuka ternyata HP Gendhuk sudah dalam keadaan silent alias diam. Artinya, bunyi HP barusan tadi bukan berasal dari HP-nya. Muka Gendhuk langsung memerah, bingung mau ngomong apa sama Bu Cempluk. Karena sudah kebacut isin, ia tidak ngaku kalau yang berbunyi tadi bukanlah dari HP-nya, takut diisin-isin teman sekelas.

Setelah ujian selesai. Jon Koplo menghampiri Gendhuk Nicole sambil ngempet guyu. ”Matur nuwun ya Ndhuk, wis ngakoni salahku. Kae mau sing muni HP-ku!” ujar Koplo. Ternyata HP Jon Koplo memang persis plek dengan milik Gendhuk Nicole.

Gendhuk pun langsung mak prepet, isin campur anyel. – Oleh : Kiriman Vitri Miyasari, Jl KH Samanhudi No 98 Sondakan, Laweyan, Solo 57147

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…