Sabtu, 13 Februari 2010 21:46 WIB News Share :

Tiga Investor lirik kelola sampah Salatiga

Salatiga (Espos)–Investor luar daerah, yakni Yayasan Bina Usaha Lingkungan (YBUL), PT Fastindo Global Utama dan Backhuss Eco Engineers tertarik untuk mengelola sampah di TPA Ngronggo Salatiga. Nilai investasi yang recananya bakal dikucurkan mencapai Rp 11,25 miliar.

Ketiga perusahaan tersebut mengajukan proposal kerjsama ke Pemkot Salatiga. Sistem kerjasama yang ditawarkan adalah kemitraan. Sampah tersebut nantinya akan diolah menjadi kompos yang menjadi bahan dasar pembuatan pupuk organik. Kompos itu akan dijual ke produsen pupuk.

Kepala Bagian Humas Setda Salatiga, Valentino T Haribowo, mengungkapkan perwakilan dari ketiga perusahaan itu telah menemui Walikota, John Manuel Manoppo untuk membicarakan soal kerjasama tersebut Kamis kemarin. Dalam kerjasaman tersebut, Pemkot hanya diminta untuk menyiapkan lahan dan kesinambungan sampah.

“Pemkot tidak mengelarkan anggaran sepeserpun,” jelas Valentino.

Menurut dia, rencana kerjasama itu masih tahapan awal. Selanjutnya akan dilakukan studi kelayakan setelah adanya penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkot dan investor.

Keuntungan yang akan diperoleh Pemkot dari kerjasama ini adalah meningkatkan pendapatan asli daerah dari pajak, penyerapan tenaa kerja dan mengurangi risiko dampak lingnkungan dari keberadaan sampah tersebut.

Namun, sepertinya rencana tersebut baka sedikit terkendala lantara kapasitas produksi sampah yang dibutuhkan investor adalah 100 ton/hari. Sementara kapasitas sampah yang masuk TPA Ngronggo saat ini baru 87 ton/hari.

kha

LOWONGAN PEKERJAAN
GRIYA BAMBU KUNING, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…