News
Sabtu, 13 Februari 2010 - 22:45 WIB

Tentara AS tewas akibat serangan bom bunuh diri di Afghanistan

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kandahar– Seorang pembom bunuh diri menewaskan seorang tentara NATO ketika meledakkan bom yang dipasang di sepeda motor dekat satu pos patroli di Afghanistan selatan, Sabtu, kata seorang perwira Angkatan Darat Afghanistan.

Pasukan Afghanistan dan pasukan asing melancarkan serangan gabungan besar-besaran terhadap gerilyawan Taliban di kawasan itu.

Advertisement

“Ledakan itu terjadi akibat bom bunuh diri di dekat beberapa kendaraan pasukan AS. Seorang serdadu AS tewas, tiga orang tentara AS juga cedera. Selain itu, seorang warga sipil Afghanistan tewas dan empat orang lagi menderita luka-luka,” kata Kapten Abdul Rahman, yang sedang berada di dekat tempat kejadian di luar kota Kandahar.

NATO mengatakan pihaknya belum dapat mengkonfirmasi laporan kematian tersebut.

Advertisement

NATO mengatakan pihaknya belum dapat mengkonfirmasi laporan kematian tersebut.

Seorang juru bicara Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) pimpinan NATO mengatakan “Kami menyadari adanya ledakan di kawasan itu dan kami akan menyelidikinya.”

Serangan bom bunuh diri, yang diduga dilakukan gerilyawan Taliban itu, terjadi ketika ribuan tentara pimpinan AS melancarkan serangan besar-besaran di Helmand, provinsi yang menjadi benteng pertahanan gerilyawan Taliban.

Advertisement

Ratusan serdadu Afghanistan, AS dan Inggris telah dikerahkan di kota Marjah dalam “Operasi Mushtarak (operasi gabungan)”, kata seorang perwira Marinir AS kepada AFP.

“Pada pukul 02.30 waktu setempat, helikopter-helikopter menyebarkan pasukan di kota Marjah,” kata Letnan Josh Diddam Leatherneck di Helmand.

“Kami kini bergerak maju ke depan dan hanya menemukan sedikit perlawanan,” katanya.

Advertisement

Ia mengkonfirmasi bahwa pasukan telah mendapat tembakan sengit dari pejuang Taliban, yang diyakini berjumlah antara 400-1.000 orang yang siap bertempur.

Lima gerilyawan Taliban tewas segera setelah pasukan mendarat di kota Marjah, kata Komandan Korps 205 AD Afghanistan, Sher Mohammad Zazai.

“Menurut laporan awal, lima anggota musuh telah tewas, dua orang di antaranya tewas di satu tempat. Mereka tewas dalam pertempuran berhadap-hadapan,” kata Sher Mohammad Zazai kepada wartawan lewat jaringan video jarak jauh dari Lashkar Gah, ibu kota Helmand.

ant/isw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Tentara AS Tewas
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif