Sabtu, 13 Februari 2010 16:47 WIB News Share :

Nasabah bisa tuntut Pansus dan Manajemen Century ke meja hijau


Jakarta–
Nasabah pemilik rekening di Bank Century bisa menuntut manajemen Bank Century serta Panitia Khusus (Pansus) Angket Bank Century ke meja hijau terkait dibukanya data rekening nasabah sesuai dengan permintaan pansus.

“Kalau masyarakat terutama nasabah sampai tahu rekeningnya dibuka, mereka bisa menuntut ke pengadilan,” kata Ekonom Avialiani, Sabtu (13/2).

Sebelumnya, Pansus Hak Angket Bank Century meminta data terkait aliran dana dari rekening Bank Century Pusat ke 50 rekening Bank Century cabang Denpasar. Bank Century Denpasar tak mau membuka data rahasia nasabah dikarenakan terbentur undang-undang (UU) perbankan.

Pengertian dasar tentang Rahasia Bank (RB) dirumuskan di dalam pasal 1 angka 28 UU 10/98 tentang Perbankan, sebagai: “segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya”. Sementara RB dirumuskan dalam pasal 40 sebagai:”Bank wajib merahasiakan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya.

Yang wajib untuk merahasiakan adalah Direksi, Komisaris, pegawai bank dan pihak terkait. Ancaman terhadap hal itu diuraikan oleh pasal 47 (1): “Barang siapa tanpa membawa perintah tertulis atau izin dari Pimpinan Bank Indonesia dengan sengaja memaksa bank atau Pihak Terafiliasi untuk memberikan keterangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 40, diancam dengan pidana penjara sekurang-kurangnya 2 tahun dan paling lama 4 tahun serta denda sekurang-kurangnya Rp 4 miliar dan paling banyak Rp 8 miliar.

Menurut Aviliani, Pansus Century bisa saja meminta data tersebut jika memang diperlukan untuk penyelidikan, namun harus melalui proses yang berlaku. “Kalau memang perlu, mereka bisa minta ke KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan), atau pengadilan. Jadi tidak secara langsung jarena tidak punya hak,” ujarnya.

Ia menambahkan, kerahasiaan data nasabah di bank merupakan salah satu faktor terpenting yang menjadi jaminan kepercayaan nasabah kepada bank selama ini. Kalau sampai dibuka ke publik, kepercayaan masyarakat terhadap industri perbankan akan terganggu, bahkan hilang.

“Kalau mereka (Pansus Century) seenaknya membuka data nasabah, nanti banyak orang tidak percaya lagi menyimpan uang di bank. Nasabah bisa was-was sewaktu-waktu rekeningnya akan dibuka,” imbuhnya.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
Pengawas, Estimator, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Komunisme dan Logika Kita

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (23/9/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, seorang editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Mungkin kita pernah membaca pernyataan bahwa adanya kemiskinan dan ketimpangan ekonomi…