Jumat, 12 Februari 2010 08:06 WIB News Share :

Pemerintah targetkan 400 wirausahawan muda

Bandung–Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi menargetkan pertumbuhan para wirausahawan muda di Indonesia. Tahun ini baru ada sekitar 400 wirausahawan muda yang sukses.

“Idealnya dua persen dari total penduduk atau sekitar 4,4 juta.” kata Menteri Tenaga Kerja Muhaimin Iskandar usai pencanangan program ketenagakerjaan dan ketransmigrasian di Jabar. Kamis (11/2).

Menurut Muhaimin berbagai program pelatihan akan dilakukan departemennya untuk meningkatkan wirausahawan muda di Indonesia.

“Soal modalnya bisa dari kridit usaha rakyat, kita hanya menggarkan untuk pelatihannya dalam anggaran pendapatan dan belanja negara sekitar Rp 500 miliar.”ujarnya.

Departemen Tenaga Kerja menargetkan tahun 2014 jumlah penganguran bisa turun menjadi 5 persen. Dimana tahun 2010 ada sekitar 2,3 juta kesempatan kerja untuk mengurangi jumlah pengangguran yang saat ini masih sekitar 8 persen atau 8,9 juta.
“Problem sekarang adalah kemungkinan adanya pemutusan hubungan kerja akibat krisis global dan kekwatiran adanya dampat dari ACFTA.”

Menteri menyatakan departemen akan menstandarkan program pelatihan baik yang dimilki pemerintah maupun swasta agar sesuai dengan standar internasional.

“Kami akan meningkatkan pelatihan, kualitas mutu tenaga kerja yang akan dilakukan di balai latihan kerja kita dan yang berkerjasama dengan swasta,” ujarnya.

tempointeraktif/fid

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…