Jumat, 12 Februari 2010 13:13 WIB News Share :

Pansus Century konsentrasi dana Boedi Sampoerna

Surabaya–Pertemuan 4 anggota Pansus Century dengan Bank Century (sekarang Bank Mutiara) cabang Kertajaya Surabaya memusatkan penyelidikan pada aliran dana 18 juta dolar AS milik Boedi Sampoerna. Dari kantor cabang inilah, Boedi mengalihkan dana raksasanya ke Jakarta.

“Kami memusatkan perhatian pada pemeriksaan aliran dana 18 juta dolar milik Boedi Sampoerna,” kata anggota Pansus, Achsanul Kosasih, kepada wartawan di Bank Century cabang Kertajaya, Jalan Kertajaya, Jumat (12/2).

Pria berkumis itu membeberkan bahwa dalam pertemuan tertutup selama 2,5 jam itu pihak bank memiliki bukti yang menyatakan bahwa Boedi memerintahkan untuk memindahkan dananya ke Jakarta. Detail perpindahan itu akan dibahas seusai salat Jumat.

Keterangan sementara, pemindahan dana ke rekening Bank Century di Jakarta itu juga atas nama Boedi Sampoerna. Pemindahan ini dinilai mencurigakan karena kedua rekening adalah rekening Bank Century.

“Pemindahan ini aneh karena sesama Bank Century dan kami akan dalami lagi,” kata Achsanul.

Pihak bank, ungkap Achsanul, tidak menolak perintah nasabahnya itu dan memindahkan ke rekening atas nama yang sama di Jakarta. Sementara tanggal pemindahan juga akan dibahas, seusai melakukan salat Jumat.

Achsanul juga akan memeriksa adanya indikasi konspirasi pada pemindahan dana itu. Selain itu juga muncul kecurigaan adanya pihak ketiga atau perantara yang terlibat dalam pemindahan dana itu.

“Lebih detailnya nanti kita ketahui setelah pertemuan seusai salat Jumat,” tegas politisi PD ini.

dtc/isw

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…