News
Jumat, 12 Februari 2010 - 11:49 WIB

Gedung Putih ragukan Ahmadinejad soal program nuklir

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Washington–
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengklaim negaranya mampu melakukan pengayaan uranium hingga level 80 persen lebih. Hal itu disampaikan Ahmadinejad dalam pidatonya memperingati 31 tahun revolusi Islam di Teheran, Iran.

Namun Gedung Putih meragukan kebenaran Ahmadinejad. Dikatakan juru bicara Gedung Putih Robert Gibbs, Ahmadinejad telah membuat serangkaian statemen yang berdasarkan politik, bukan kenyataan.

Advertisement

“Program nuklir Iran telah mengalami serangkaian masalah sepanjang tahun. Jujur saja, apa yang dikatakan Ahmadinejad…. dia mengatakan banyak hal dan banyak dari itu yang ternyata tidak benar,” cetus Gibbs seperti dikutip Reuters, Jumat (12/2).

“Kami tidak yakin mereka memiliki kemampuan untuk memperkaya (uranium) hingga ke level yang mereka katakan sedang dilakukan saat ini,” tandas Gibbs.

Presiden Ahmadinejad sebelumnya telah mengumumkan dimulainya proses pengayaan uranium hingga level 20 persen. Pengumuman ini sontak menuai kecaman dari AS dan sekutu.

Advertisement

Presiden AS Barack Obama bahkan mengancam akan mengisolasi Iran dengan serangkaian sanksi baru jika negeri itu terus mengarah ke pengembangan senjata nuklir.

AS dan Eropa mengkhawatirkan Iran diam-diam berupaya mengembangkan senjata nuklir lewat program nuklir yang dijalankannya. Namun pemerintah Iran bersikeras bahwa program nuklirnya semata-mata untuk tujuan damai, yakni sebagai pembangkit energi untuk kepentingan sipil.

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif