News
Jumat, 12 Februari 2010 - 11:22 WIB

China minta Obama batalkan pertemuan dengan Dalai Lama

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Beijing-Pemerintah China terus mendesak pemerintah AS untuk membatalkan pertemuan antara Presiden Barack Obama dan pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama. China bahkan mengingatkan hubungan kedua negara bisa terganggu jika pertemuan itu tetap terlaksana.

“Kami dengan tegas menentang Dalai Lama mengunjungi AS dan pemimpin AS melakukan kontak dengannya,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Ma Zhaoxu dalam statemennya seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (12/2).

Advertisement

“Kami mendesak pihak AS untuk sepenuhnya memahami tingginya sensitivitas isu menyangkut Tibet, dan menghormati komitmennya untuk mengakui Tibet sebagai bagian dari China dan menentang ‘kemerdekaan Tibet,” imbuh Ma.

Dikatakan Ma, pemerintah China telah mengajukan keberatan soal pertemuan tersebut pada pemerintah AS.

“China mendesak AS untuk segera membatalkan keputusan keliru untuk mengatur pertemuan Presiden Obama dengan Dalai Lama…. guna menghindari kerusakan yang lebih besar pada hubungan Sino-AS,” cetus Ma.

Advertisement

Gedung Putih telah memastikan bahwa Dalai Lama akan berkunjung ke AS pada 18 Februari mendatang. Dalai Lama meninggalkan Tibet dan mengasingkan diri ke India pada tahun 1959.

Pria berumur 74 tahun itu meninggalkan Tibet setelah perlawanan yang gagal terhadap kekuasaan China. Itu terjadi 9 tahun setelah pasukan China dikirimkan untuk menguasai wilayah itu.

dtc/isw

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif