Kamis, 11 Februari 2010 20:37 WIB Pendidikan Share :

Pemerintah siapkan Rp 10 miliar untuk kantin sehat

Jakarta–Pemerintah menyediakan dana sekitar Rp10 miliar untuk membantu pembangunan kantin sehat di sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menegah atas (SMA) di seluruh Indonesia.

“Tahun lalu dananya Rp 10 miliar, tahun ini hampir sama,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional Dodi Nandhika di Jakarta, Kamis (11/2), seusai penandatanganan nota kesepahaman tentang pembinaan keamanan pangan jajanan anak sekolah antara Kementerian Pendidikan Nasional dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Menurut dia, tahun ini pemerintah memberikan bantuan untuk sekitar 300 sekolah dan setiap sekolah yang terpilih akan mendapatkan bantuan dana Rp 30 juta per sekolah untuk membangun kantin sehat.

“Di tiap kabupaten/kota akan dipilih lima sekolah yang terdiri atas tiga SD, satu SMP dan satu SMA.  Dinas Kesehatan setempat yang menetapkan,” kata Deputi I BPOM Lucky S Slamet.

Selain membantu pembangunan fisik kantin sekolah, kata Dodi, Kementerian Pendidikan Nasional bersama dengan BPOM juga melakukan pembinaan kepada pengelola kantin sekolah dan pedagang makanan di lingkungan sekolah.

“Ada sosialisasi dan penjelasan mengenai kantin yang sehat, pentingnya ketersediaan air dan hal lain,” kata Dodi.

BPOM, Lucky menambahkan, secara berkala juga memeriksa keamanan pangan jajanan sekolah dengan mobil pemeriksaan keliling.

Ia menjelaskan pula bahwa program kantin sehat sudah dilakukan Kementerian Pendidikan Nasional dan BPOM pada 2009.

ant/fid

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Mengenang (Pendidikan) Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (24/11/2017). Esai ini karya Bandung Mawardi, kuncen Bilik Literasi. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada akhir abad XIX orang-orang Jawa mulai memiliki cita-cita baru. Sekian orang ingin menjadi guru seperti tuan kulit…