Gelembung berair di kulit tak mesti herpes

Nama herpes sebagai penyakit kulit tentu tak asing di telinga. Masyarakat Jawa biasanya menyebut penyakit radang kulit yang ditandai dengan pembentukan gelembung-gelembung atau plenting-plenting berkelompok ini sebagai dompo.

Sayangnya, orang kerap salah kaprah. Menyebut semua gelembung berair dan bergerombol di kulit dengan istilah herpes maupun dompo. Tak jarang pula yang menganggap racun serangga tertentu menjadi biang keladi herpes. Padahal penyebab herpes adalah virus.

”Penyakit herpes dibedakan menjadi dua macam, herpes zoster atau juga disebut dompo dan herpes simpleks,” terang dokter spesialis kulit dan kelamin pada RS Kustati, dr Endra Yustin MSc SpKK, saat ditemui di ruang kerjanya pekan lalu.

Herpes zoster atau shingles disebabkan oleh virus varicella zoster (VVZ). Jenis herpes ini juga dikatakan sebagai lanjutan dari chickenpox atau cacar air. Pasalnya, herpes jenis ini bisa jadi merupakan reaktivasi VVZ yang sudah bersarang di ganglion saraf penderita yang pernah menderita varisela atau cacar air akibat stres fisik atau psikis maupun kondisi yang menyebabkan imunitas tubuh merosot.

Gejalanya, demam atau meningkatnya suhu tubuh, disertai nyeri di bagian tubuh yang nantinya diikuti timbulnya bercak. Penyakit ini rata-rata menyerang usia dewasa. ”Tetapi ada kemungkinan usia remaja juga bisa terkena herpes zoster,” ujar Prof Dr dr Harijono SpKK dari Griya Nurrita Skin Care Klinik dan Spa Medis Jl Gatot Subroto 230 Solo.

Bedanya dengan cacar air adalah kalau cacar air bisa terjadi di kulit seluruh tubuh dengan gelembung yang mungil, maka herpes zoster dengan bentuk gelembung yang lebih besar dan hanya meyerang sebagian tubuh atau satu sisi. Kanan atau kiri tubuh saja.

Mengapa demikian? Sebab, yang diserang saraf kulit. Saraf terbentuk secara melingkar dari induk saraf di dalam tulang belakang dan kepala menyusuri bagian tubuh kanan dan kiri. Ujung-ujungnya ada di bagian depan depan tubuh dan tidak bersambung satu dengan lainnya.

”Sehingga ada pula asumsi, misalnya saat terkena cacar air yang paling banyak di bagian wajah, herpes zosternya kemungkinan juga akan di wajah. Tapi itu memang belum evident base medicine. Selama ini kebanyakan juga terjadi di dada atau punggung,” ungkap dr Endra.

Tulari janin

Namun, pada penderita immunocompromised seperti penderita HIV atau kanker stadium lanjut dengan daya imunitasnya yang sudah rusak, herpes zoster dapat menyerang seluruh bagian tubuh. Sedangkan, bagi seseorang yang belum pernah mengalami cacar air, apabila terserang VVZ maka tidak langsung mengalami penyakit herpes zoster. Tetapi mengalami cacar air terlebih dahulu. Sedangkan untuk herpes simpleks penyebabnya virus herpes simpleks (VHS) dengan infeksi ada dua jenis.

Infeksi oleh VHS tipe 1 yang menyebabkan lepuhan di bibir (herpes labialis) dan kadang di kornea mata (herpes keratitis). Sedangkan VHS tipe 2 menyebabkan herpes genitalis yang menyerang bagian genital atau alat kelamin. Karenanya juga bisa digolongkan dalam penyakit infeksi menular seksual.

Ibu hamil yang terinfeksi VHS tipe 2 bisa menularkan infeksi kepada janinnya. Pengaruhnya pada janin, salah satunya menyebabkan peradangan ringan selaput otak (meningitis). Sehingga, untuk pencegahan penularan saat melahirkan, sebaiknya sang ibu melahirkan secara caesar. ”Dengan daya imunitas tubuh cenderung turun, perempuan hamil memang rentan terkena virus ini,” ungkap dr Harijono.

Sementara itu, secara umum penyakit herpes dapat menular melalui kontak langsung. Tetapi pada herpes zoster, seperti halnya penyakit cacar air proses penularan bisa melalui bersin, batuk maupun pakaian yang tercemar cairan gelembung yang pecah.

Pada herpes labialis, penularan dapat melalui kontak dengan sekresi dari atau di sekitar mulut. Sedangkan pada herpes genitalis, penularan terjadi melalui kontak langsung dengan luka selama melakukan hubungan seksual. Herpes jenis ini kadang juga diderita dibagian mulut akibat oral seks.

Itu sebabnya, menurut dr Endra terutama yang terkena herpes genitalis tahap primer dianjurkan untuk menggunakan kondom saat berhubungan seksual kurang lebih selama setahun. Sebab trauma mikro akan tetap muncul saat berhubungan seksual dan penyakit ini relatif kerap kambuh. Rasa nyeri yang timbul juga lebih hebat pada tahap primer.

Perilaku seksual yang sehat dan menjaga imunitas tubuh tetap fit menjadi pencegahan yang lebih mujarab. ”Sebab virus yang telah bersarang di tubuh tidak dapat dieradikasi atau dibunuh tetapi dapat dilemahkan dengan pengobatan dan menjaga imunitas,” kata dr Endra.

Oleh: Fetty Permatasari, Esmasari Widyaningtyas

Editor: | dalam: Kesehatan |

29 Komentar pada “Gelembung berair di kulit tak mesti herpes”

  1. ika
    10 Maret 2010 pukul 11:37

    apakah ada rekomendasi dokter yg ahli menangani penyakit herpes zoozster dan herpes keratitis? Om saya sepertinya mengalami gejala2 nya. Mula2 terasa seperti ada pasir di mata, lalu ke dokter diberi obat tetes dan saleb mata.. setelah itu mata membengkak, dan penglihatan sangat terganggu, di sekitar mata dan hidung juga bengkak dan muncul ruam2 merah berisi cairan. Mohon bantuannya, karena saat ini Om sedang berobat ke makassar, dan oleh dokter mata dikatakan sudah mengenai syaraf. Dokter tsb minta om untuk ke dokter mata lain mencari second opinion. Sebelumnya kami ucapakna terima kasih.

  2. dian maulana
    11 Maret 2010 pukul 19:06

    saya takut aja karena saya pernah gatal2 di daerah kelamin//

  3. imey
    21 Maret 2010 pukul 21:06

    mf dok met malem..
    saya mo bertanya penyakit herpes ini apa bisa sembuh dalam waktu deket..
    dan saya mo tanya dok..saya kebetulan herpes d punggung,dada dan tangan dan tibul seperti air d dalmnya,penyakit ini baru ada 3hari dok pas tadi siang saya ke dokter katanya ini herpes dan setau saya herpes itu d timbulkan karna sex apa betul?..sedangkan saya hanya melakukan sex dengan suami saya…

    dok saya merasa takut sekali dengan adanya herpes ini..
    mohon bantuan petunjuknya dok cara pengobatanya bagaimana trima kasih slamat malam…

  4. citra ayu lestari
    20 Mei 2010 pukul 09:06

    dok gmna ya muka saya da gelembungan kecil tapi kata orang tu herpes
    ciri2nya seperti goresan kuku kecil tapi ada isi di dalamnya itu herpes atau bukan

  5. juni
    7 Juni 2010 pukul 23:01

    maf dok sy mo tanya,sy punya ank umur 4 th.dan saat ini ada gelembung air yg lmyn besar di bwh pusar dan disekitarnya kulitnya spt terbakar..sy bw k dokter ktnya herpes tp menyerang permukaan kulit saja tapi gelembung tsb sdh kempes dan kulitnya spt melepuh…yg ingin sy tanyakan apa bener itu herpes dan cr pencegahannya gmn??trm ksh…

  6. erik suprayogi
    12 Agustus 2010 pukul 14:26

    adik saya kena herpes seluruh tubuh, awalnya dia ikut kegiatan pecinta alam kemudian dia mandi diair sumber,keesokan harinya dibadannya muncul kayak cacar tapi besar-besar panas,pertanyaan saya apakah herpes bisa disembuhkan?obatnya apa?

  7. 31 Agustus 2010 pukul 21:02

    dok,berapa hari biasanya penyakit herpes sembuh???terima kasih………..dok atas kesempatannya

  8. Daud Ifadah
    19 September 2010 pukul 21:11

    dok, bagaimana kalau ada bintik” air di telapak tangan dan kaki ( hanya skitar situ )
    terkadang gatal… dan jika ada yang berdekatan jaraknya jadi nyatu… gambaran nya seperti kulit melepuh…. dari pecahanya ada bagian yang menebal.. penyakit ini penyakit apa ya dok,,,>>>??? trus pencegahannya atau pnanggulangannya seperti apa … thanks >.<

  9. sidik
    7 November 2010 pukul 21:45

    dok, sya mau tnya. saya mengalami gatal gatal seluruh tbuh terutama didaerah badan…
    bintik bintik merah dan klo digaruk agak panas….
    itu termsuk penyakit herpes bukan.?
    trus cra mencegah agar tdak timbul rasa gatel bgai mna…?

  10. 11 November 2010 pukul 20:08

    obat apa untuk mengatasi penyakit herves

  11. Taufiq Bogor
    23 Januari 2011 pukul 19:13

    Saya terkena herpes dibagian telinga kanan dan belakang leher, sembuhnya setelah berobat kurang lebih seminggu, tetapi stamina saya menurun sedikit aja buktinya aktifitas Bengkel dan fitnes saya tetap, hanya tidur rada bertambah.

  12. virgona
    5 Februari 2011 pukul 22:39

    anak saya terkena herpes di bagian badan dan selangkangan paha berobat ke dokter sembuh tp kulit jd hitam seperti gosong sdh 6 bln tdk hilang , apakah bisa hilang bekas luka tersebut ?

  13. uphuin
    20 Mei 2011 pukul 10:33

    saya pernah mengalami penyakit kulit yang disebabkan oleh serangga..dimana cairan dari serangga menyebabkan kulit menjadi merah, muncul seperti goresan dan keluar gelembung2 kecil berair..Akhirnya kulit melepuh seperti terbakar dan mengering..biasanya disertai dengan rasa perih dan gatal yang luar biasa…beberapa Dokter bilang terkena herpes,,,tapi sebenarnya itu penyebabnya adalah serangga kecil yang memiliki tubuh berwarna orange gelap bergaris hitam,,bentuknya kecil dan kadang ada yang disertai sayap…sampai sekarang belum ada obat yang bisa menyembuhkan dengan cepat tapi ada obat yang untuk mnonaktifkan semacam cairan aktif yang dikeluarkan..

    • YOLLA
      18 Agustus 2011 pukul 09:41

      jangan kuatir itu bukan herpes mkin yg anda maksud dengan serangga tersebut adalah paederus dermatitis…..

  14. Arif
    9 Juni 2011 pukul 09:03

    Teman saya terkena penyakit tersebut..dan dia sangat menderita terkea’y dibagian pinggang To sangat perih.. Apa dokter obat’y dan berapa lama pengobatannya

  15. Freddy
    20 Juni 2011 pukul 14:04

    Dok, saya laki-laki berumur 37 tahun, seminggu kemarin saya mengalami gatal didaerah kelamin, dan dua hari terakhir ini berubah seperti melepuh dan berair disertai rasa panas dan bengkak disekitar lipatan paha. Yang jadi pertanyaan saya dok, apakah ini termasuk penyakit herpes atau penyakit apa ya…? Saya tunggu balasan penjelasannya dokter, makasih.

  16. Anna camilla
    27 Agustus 2011 pukul 23:58

    Ma’f dok saya mau bertanya, sudah 3′hari ini saya terkena gatal di bagian dagu dan arah pipi sebelah kanan, setelah saya periksa kedokter ternyata saya terkena herves, yang buat saya bingung, katanya herves itu bisa kena melalui hubungan sex saja, sedangkan saya tidak pernah melakukan hubungan sex, kenapa saya bisa kena?? Mohon infonya dok, Terimakasih sebelumnya:):)

  17. barce
    28 September 2011 pukul 14:57

    Dok. pada kulit tangan saya terdapat butiran-butiran seperti pasir putih yang menyala, kalau di cuci pakai sabun tidak bisa keluar, menurut dokter itu seperti apa. mohon bantuannya.. terima kasih.

  18. sarah
    20 Oktober 2011 pukul 12:57

    dok dkki n tngan sy pnuh bitik ‘ n lm ‘ jd koreng itu gmn cra mnyembuhkannya.
    mksh

  19. Walkidin
    20 Oktober 2011 pukul 17:43

    Dok saya mau tanya, kalo saya tanya dijawab nggak ya dok?

  20. ara
    5 Desember 2011 pukul 21:42

    dok.. saya mau tanya. saya mengalami seperti bintik2 merah di bagian paha. tetapi saya tidak mengalami rasa nyeri, demam atau tanda2 lain yang menyertai herpes. apakah itu termasuk herpes dok? terima kasih

  21. 4 Februari 2012 pukul 17:14

    Herpes di awal tumbuhnya pd gelembung2

  22. 4 Februari 2012 pukul 17:31

    herpes, semua gelembung2 cair hrs di pites/di tusuk dgn lidi yg runcing lalu dikeringkan dgn tissue. setelah itu semua luka ditutup dgn cream yg dibuat dari daun pete cina yg di ulek halus+garam, maka ke esokan harinya akan sembuh/kempes, atau di ulang hingga 3 atau 4 kali pemakaian. Herpes hrs selalu kering, jika lembab maka bubuhkan dgn anti biotik (kapsulnya dibuka) pd semua yg luka supaya tetap kering dan lekas sembuh.JANGAN biarkan ada gelembung cair karena itu sumber rasa gatal, perih, ngebet, dan sakit atau demam di badan. ok, paham kan ? bersihkan juga dgn sabun sere, silahkan coba ……….

  23. tri
    16 Februari 2012 pukul 21:21

    dok.. saya mau tanya dipantat saya ada terasa gatal bentuknya melingkar trs sebagian pinggirnya ada bentol-bentolnya, itu gatal karena apa ya dok.. trs obatnya apa dok.. terima kasih atas bantuannya

  24. 10 April 2012 pukul 11:46

    sama, saya juga mengalami hal seperti ini, gmn menanganinya ?
    terima kasih

  25. 9 Mei 2012 pukul 00:02

    Hai, teman” saya juga mengalami herpes tapi saya terkena dibagian jari-jari saya.. Saya diberikan obat oleh dokter.. Obat salep sih.. Digunakan bisa 2-3 kali.. Namanya. Benoson n.. Itu obat salep antibiotik.. Saya berharap obat salep ini bisa membantu teman”.. Gbu..

  26. msirod
    5 Januari 2013 pukul 17:30

    salam.. dokter
    kaki saya sebelah kiri diatas matakaki timbul gelembung air,kira2 sebesar jempol ,apa penyebabnya dok?
    Awalnya kulit dipijat rasanya enak (bhs jawa: kemeng2 enak ) setelah itu timbul gelembung air kecil2 lama2 besar rasanya panas.
    Ngk kuat nahan sakit ,Setelah itu saya tusuk pakai jarum disterilkan dgn api ,bahayakah dok bila ditusuk, apakah itu juga anjuran dokter.
    Trimakasih pak dokter! Sukses…

  27. Ana
    29 April 2013 pukul 13:22

    Dok,dtangan ato kaki sya kdg ad bentol berair gt.gatal.stelah keluar airnya,bekasny hItam susah hlg d0k.bgmana cra mengHilangkn bkas nya?

  28. widi
    21 Mei 2013 pukul 21:08

    dok, di sudut bibir sy muncul gelembung bening gatalp, pnas juga.. Apa ini temasuk herpes?

Silahkan bergabung untuk diskusi

Iklan Baris
  • ALAT PERAGA PENDIDIKAN

    Kami CV.GRASENA distributor Alat peraga Pendidikan mulai tingkat SD – SMP – SM…

  • RUMAH DIKONTRAKKAN

    Rumah Dikontrakkan,LT 254M2,LB 225M2,7Kmr,3K Mandi, Garasi, Jl.Kencur No.48, Rt 03/11, Kag…

Menarik Juga »