Rabu, 10 Februari 2010 13:34 WIB News Share :

Soros
Kebijakan bailout tak perlu dilakukan

Jakarta–Pengamat Ekonomi dan Perbankan George Soros menyatakan kebijakan bailout secara umum tidak perlu dilakukan, jika peraturan yang ditetapkan bisa dilaksanakan dengan baik.

“Jika aturan perbankan dijalankan dengan baik, maka tidak perlu bailout,” kata Soros seusai bertemu Wakil Presiden Boediono, di Jakarta, Rabu (10/2).

Soros menambahkan, perkembangan perekonomian sangat ditentukan oleh pasar keuangan global. Pasar keuangan di mana saja, menurutnya tetap punya potensi untuk menimbulkan krisis.

“Jika regulasi itu dilaksanakan maka perbankan akan solid,” tuturnya.

Meski demikian, Soros mengapresiasi secara keseluruhan kepada Indonesia yang telah berhasil melewati masa krisis finansial global yang relatif berbahaya dibandingkan uang yang harus digunakan dalam proses itu.

“Jika dibandingkan dengan kondisi sejumlah negara lain, Indonesia sudah cukup baik. Indonesia tidak terlalu khawatir dan dampaknya sangat kecil dibandingkan kondisi krisis di negara lain,” ujarnya.

Krisis itu bermula dari negara Amerika Serikat, kata dia, yang jatuh dan tidak mampu menahan goncangan keuangan akibat kredit properti.

Saat menerima Soros, Wapres Boediono memaparkan tentang kondisi ekonomi dan finasial nasional. Sedangkan Soros mengungkapkan keterkaitan regulasi pasar yang mengikat secara global yang dapatĀ  menimbulkan goncangan di banyak negara.
“Tapi masalahnya bukan di Indonesia,” katanya.

Dalam pertemuan itu, Soros juga mengatakan, Indonesia sudah masuk ke radar investasi dan banyak penanam modal yang berminat berinventasi di Indonesia.

ant/fid

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS Account Executive, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…