News
Rabu, 10 Februari 2010 - 21:25 WIB

Longsor salju di Afghanistan, 150 Orang tewas

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kabul–Sedikitnya 150 orang tewas dalam serangkaian peristiwa longsor salju di Salang Pass, Kabul utara, Afganistan, Rabu (10/2). Petugas penyelamat mencoba menyelamatkan ratusan orang lagi yang masih terjebak bersama kendaraan mereka di Salang Pass.

Sekitar 2.500 orang sejauh ini bisa diselamatkan, tetapi dikhawatirkan banyak korban yang terkubur menyusul hujan salju lebat dalam beberapa hari belakangan. Lebih dari 20 kali longsoran salju menerjang jalan lintasan gunung tersebut sejak Senin lalu, menutup jalan hingga 3,5 kilometer.

Advertisement

Seperti dikutip dari laman stasiun televisi BBC, menurut juru bicara Kementrian Dalam Negeri, Zemeri Bashary, tim berhasil mengangkat 157 tubuh korban tewas dari jalan yang menghubungkan Kabul dengan wilayah utara dalam dua hari terakhir.

Tim sedang membersihkan jalan di dekat terowongan Salang agar ambulan, buldoser, dan perangkat penyapu jalan lain bisa lewat.

“Banyak mobil yang tersapu longsoran,” kata Jenderal Mohammad Rajab, kepala jalan tol Kabul-Salang.

Advertisement

“Wilayah tersebut sering mengalami hujan salju parah dan salju longsor sudah beberapa kali terjadi sebelumnya,” ucapnya.

vivanews/fid

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif