Rabu, 10 Februari 2010 17:14 WIB Solo Share :

Jumat, pegawai Pemkot wajib berbahasa Jawa

Solo (Espos)–Seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tidak lama lagi diharuskan memakai bahasa Jawa selama seharian, setiap Jumat.

Draf surat edaran yang mengatur mengenai hal itu, saat ini telah berada di tangan Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi). Diperkirakan, dalam bulan Februari ini, aturan tentang kewajiban berbahasa Jawa setiap Jumat itu diberlakukan.
Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto mengatakan kewajiban berbahasa Jawa tersebut harus diterapkan untuk semua aktivitas di lingkungan Pemkot Solo, baik rapat atau pertemuan resmi maupun tidak resmi.

Namun, aturan itu bersifat fleksibel, artinya jika tidak memungkinkan menggunakan bahasa Jawa, para pegawai bisa memakai bahasa Indonesia atau bahasa lain.

“Misalnya, menerima tamu asing, tidak mungkin, kita tetap menggunakan bahasa Jawa. Sifatnya keharusan tapi juga longgar, bisa menyesuaikan keadaan,” ungkap Budi, saat ditemui wartawan, seusai memberi penjelasan peringatan ke-265 Hari Jadi Kota Solo, di Balaikota, Rabu (10/2).

Lebih jauh, dia menambahkan, aturan tersebut kendati tidak disertai sanksi, diharapkan mampu menumbuhkan kembali kecintaan budaya Jawa di kalangan pegawai Pemkot Solo.

Bagaimanapun, sambung Budi, Pemkot selama ini telah berupaya menggelar berbagai kegiatan demi menunjukkan kembali citra Jawa di kalangan birokrat. Di antaranya dengan mengharuskan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mencantumkan huruf Jawa dalam papan nama kantor masing-masing.

Khusus untuk menggelorakan kembali kecintaan pada budaya Jawa, pada peringatan ke-265 ini, Pemkot juga menggadakan lomba pidato bahasa Jawa dan macapat, yang diikuti perwakilan tiap kelurahan, Senin (15/2).

tsa

lowongan pekerjaan
DESIGN GRAFIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…