News
Selasa, 9 Februari 2010 - 15:59 WIB

Intel dan IBM luncurkan chip baru

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

San Francisco–Raksasa teknologi AS, IBM dan Intel pada Senin (8/2) waktu setempat meluncurkan chip komputer baru yang sangat kuat yang didisain untuk bisnis berkelanjutan yang membutuhkan lebih dari jaringan dan pusat data.

Intel memperkenalkan prosesor Itanium seri 9300 yang dikembangkan dengan nama kode Tukwila yang dipuji-puji bekinerja dua kali lipat dari chip generasi sebelumnya.

Advertisement

Seri 9300 menonjolkan otak kecil yang berisi dua miliar transistor per chip dan empat inti, yang memproses data.

“Dengan prediksi dari Gartner Group tentang pertumbuhan 650 persen data TI pada lima tahun kedepan, bisnis memerlukan server perusahaan yang kuat dan sesuai skala,” kata Intel dalam siaran pers.

Intel juga mengatakan chip tersebut dibuat untuk meningkatkan kemampuan sistem komputer untuk pulih dari kesalahan fatal.

Advertisement

IBM meluncurkan server Power 7 baru yang dikembangkan untuk mengelola tuntutan menghitung yang makin meningkat seperti jaringan smart electrical atau analisis pasar keuangan seketika.

Chip Power 7 yang berada di jantung sistem bekinerja empat kali secepat generasi sebelumnya mikoprosesor Power 6, melaksanakan 32 tugas sekaligus.

Teknologi perusahaan sistem Power 7 dirancang untuk layanan yang bergantung pada proses jumlah sangat besar transaksi dan data secara bersama-sama sambil menganalisa bahwa informasi dalam waktu seketika.

Advertisement

“Selain itu, sistem baru tersebut membuat klien mampu mengelola applikasi dan layanan yang ada dengan biaya lebih sedikit dengan terobosan teknologi dalam virtualisasi, penghematan energi, dan penggunaan memori yang lebih hemat biaya,” menurut IBM.

Pengumuman oleh Intel dan IBM dikeluarkan ketika Oracle mempertimbangkan masuk ke pasar dengan mengakuisisi Sun Microsystems dalam sebuah kesepakatan senilai 7,4 miliar dolar AS.

Oracle menyatakan akan memanfaatkan sumber dayanya di belakang peningkatan dan pemasaran sistem server Sun Solaries yang dibangun berdasarkan teknologi mikroprosesor SPARC.

ant/fid

Advertisement
Kata Kunci : Baru Chip IBM Intel
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif