News
Senin, 8 Februari 2010 - 11:10 WIB

Seniman Jateng bangun patung Gus Dur

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Magelang–Rasa hormat untuk mengenang jasa mendiang Gus Dur terus dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan pembuatan patung serta lukisan Gus Dur yang dibuat oleh beberapa seniman asal Jawa Tengah.

Salah satunya adalah Ismanto atau yang dikenal dengan seniman 5 gunung asal Magelang. Ia membuat patung badan Gus Dur yang sedang dikerubungi oleh beberapa binatang.

Advertisement

Ada juga Cipto Purnomo (komunitas seniman Borobudur Indonesia) yang membuat patung Gus Dur berbentuk persis menyerupai Budha.

Judul patung Ismanto bertemakan ‘Gunung Gus Dur’, Cipto bertemakan ‘Sinar Hati Gus Dur’. Patung karya Syamsuddin bertajuk ‘Presiden di sarang penyamun’ dan karya Jono diberi nama ‘Gladiator Gus Dur’.

Selain empat patung tersebut, seniman Mamikato juga ikut menyumbangkan karyanya dalam bentuk lukisan yang diberi judul ‘Gus Dur dan Gembilaloka’. Keempat patung itu dibuat di Studio Mendut, Magelang sejak Jumat (5/2) silam.

Advertisement

“Keempat patung dan satu lukisan itu menjelaskan karakter Gus Dur sebagai tokoh yang multietnis, multikultur dan universal,” kata Sutanto, pemilik studio Mendut tersebut, Minggu (7/2/2010).

Sementara itu, Abdurrahman Yusuf Chodori mengatakan, berbagai cara telah dilakukan masyarakat untuk tetap menghidupkan nilai-nilai yang diajarkan Gus Dur. Antara lain pluralisme, humanisme dan kebangsaan.

“Melalui para seniman, mencoba menuangkan ide kreatif tersebut melalui seni rupa dan patung,” kata Yusuf.

Advertisement

dtc/isw

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif